Pelihara Kemampuan Menembak, Kodim Pidie Gelar Latihan Menembak



Nasional,Pidie - Menembak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AD agar naluri tempur yang dimiliki semakin tinggi. Dan kemahiran menembak tetap terpelihara.

Untuk mengasah kemahiran prajuritnya, Kodim 0102/Pidie melaksanakan latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) yang di ikuti seluruh prajurit jajaran Kodim 0102/Pidie bertempat di lapangan tembak Polres Pidie  Desa Gintong Jalan Medan - Banda Aceh Kecamatan Grong  Grong Kabupaten Pidie, Kamis (10/09/2020).

Latihan menembak senjata ringan kali ini dipimpin oleh Kapten Inf Erwin yang bertindak selaku komandan latihan.

Kapten Inf Erwin mengatakan, para prajurit dilatih kembali menembak menggunakan senjata laras panjang jarak 100 meter. Mengingat personel militer yang ada di Kodim 0102/Pidie tidak setiap hari memegang senjata, tidak seperti di satuan tempur.

Sementara untuk penggunaan senjata pistol, diasah kemampuannya membidik menggunakan dua tangan dengan jarak 20 meter menggunakan tiga butir peluru untuk koreksi dan 10 butir untuk penilaian.


Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E,. M.I.P mengatakan, latihan menembak senjata ringan merupakan program yang harus tetap dilaksanakan walaupun ditengah pandemi COVID-19. Latihan ini bertujuan untuk menjaga dan mengasah serta meningkatkan kemampuan menembak bagi prajurit Kodim 0102/Pidie.

“Latbakjatri kali ini tentunya berbeda dengan biasanya karena dilaksanakan di tengah Pandemi COVID-19 tentu harus menerapakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan diantaranya memakai masker, menjaga jarak antar personel dan disiapkan tempat cuci tangan”, terang Dandim.


Kegiatan latihan menembak ini merupakan agenda rutin di TNI AD setiap triwulan tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam menembak, baik senjata api jenis pistol maupun laras panjang.

Latihan menembak yang dilaksanakan selama tiga hari dengan materi latihan menembak M 16 yang diikuti oleh seluruh prajurit sedangkan latihan menembak pistol diikuti oleh seluruh perwira dan personel yang memegang senjata pistol sesuai jabatan,(Zoni Jamil).
Reactions

Post a Comment

0 Comments