Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5 Makanan yang Dapat Membantu Melancarkan Haid, Apa Saja?

Kunyit (Foto: Times of India)


Infoacehtimur / Kesehatan - Bagi kebanyakan wanita saat haid terkadang terasa menyakitkan. Perut rasanya kram dan tubuh jadi lemas.

Ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu melancarkan haid. Seperti dilansir dari Times of India, berikut ini berbagai makanan yang dipercaya membantu melancarkan haid, apa saja?

 pepaya

1. Pepaya

Pepaya dianggap sebagai obat alami saat haid. Pepaya mengandung sumber karoten yang kaya, yang membantu mempercepat produksi estrogen dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat memicu menstruasi. Lebih lanjut, pepaya diketahui menyebabkan kontraksi di rahim dan membantu meluruhkan lapisan rahim, yang juga bisa membawa menstruasi lebih awal.

Kemampuannya yang ampuh untuk mengatur haid menjadi alasan mengapa ibu hamil diminta untuk pantang makan buah ini, terutama di bulan-bulan awal. Jika Anda ingin mengatur menstruasi Anda, pertimbangkan untuk memiliki porsi secara teratur. Jus atau ekstrak pepaya juga dapat digunakan.

2. Kurma

Kurma adalah makanan super musim dingin. Manfaat lain dari kurma adalah kemampuannya untuk menghasilkan panas dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi kurma (direndam dalam susu atau sebaliknya) secara teratur dapat merasakan efek pada siklus menstruasi mereka.

Kurma juga kaya dan merupakan sumber zat besi, vitamin c, folat, dan banyak mineral dan nutrisi penting lainnya, kurma membantu meringankan masalah yang menghambat menstruasi, sehingga mengatur alirannya haid.

3. Makanan kaya vitamin C

Setiap orang disarankan untuk memasukkan banyak makanan kaya vitamin C ke dalam makanannya. Ini bukan hanya sesuatu yang bermanfaat bagi kekebalan Anda, mencegah penyakit tetapi juga dapat membantu mendapatkan menstruasi tepat waktu.

Beberapa ahli percaya bahwa buah dan sayuran yang kaya vitamin C memiliki khasiat yang meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh, mengurangi jumlah progesteron dan memperlancar peluruhan lapisan rahim. Beberapa buah juga dapat bekerja menghasilkan panas dalam tubuh, yang baik untuk kesuburan Anda.

4. Jahe

Seperti bahan dapur lainnya, jahe berfungsi sebagai 'emmenagogue', yang membantu menginduksi dan mengatur aliran menstruasi dalam tubuh. Beberapa juga percaya bahwa jahe dapat meningkatkan kontraksi rahim di dalam tubuh.

Salah satu manfaat terbaik memiliki jahe untuk mengatur masalah menstruasi adalah dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, termasuk dikonsumsi sebagai jahe panas. Jika Anda harus mencoba, pertimbangkan untuk membuat minuman jahe dengan tambahan madu di atasnya, yang merupakan agen anti-inflamasi dan manfaat lainnya.

5. Kunyit

Kunyit berfungsi sebagai emmenagogue yang membantu meringankan masalah menstruasi, meningkatkan produksi estrogen dan mengurangi kadar progesteron, yang membantu meningkatkan menstruasi yang lebih mudah dan teratur.

Kunyit juga dianggap memiliki efek antispasmodik, yang juga bermanfaat bagi kesehatan menstruasi dan reproduksi. Untuk memperbanyak konsumsi kunyit, pastikan Anda mengonsumsi 1-2 sendok makan kunyit dalam sehari.

(DRM) Wilda Fajriah , Okezone