Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

35.569 Nakes di Aceh Telah Divaksin Covid Tahap II


INFOACEHTIMUR.COM, iNews.id - Sebanyak 35.569 orang atau 62,9 persen dari tenaga kesehatan (nakes) di Aceh telah mendapat suntikan vaksin Covid tahap dua. Total nakes di Aceh mencapai 56.472 orang. 

"Deviasi sekitar sembilan persen dari sasaran karena penundaan vaksinasi bagi nakes dengan komorbid atau alasan medis lainnya," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), Senin (8/3/2021).

Dia menambahkan, pemerintah Provinsi Aceh mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada 15 Januari 2021. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan sasaran utama tenaga kesehatan sampai sekarang masih berlangsung di daerah berjuluk Tanah Rencong itu.

Penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan dua kali dengan jarak 14 hari. "Harus disuntik dua dosis agar antibodi terbentuk secara optimal," katanya.

Dia mengimbau nakes yang sudah terdaftar sebagai peserta vaksinasi segera menjalani suntikan. Tujuannya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama segera selesai. Suntikan dilanjutkan dengan vaksinasi tahap kedua dengan sasaran petugas pelayanan publik.

"Nakes yang memenuhi syarat segera melakukan vaksinasi Covid-19, kecuali secara medis memang masih harus ditunda," katanya.

Hingga Senin, jumlah akumulatif warga yang terserang Covid-19 di Aceh sebanyak 9.616 orang. Perincian 7.874 orang telah dinyatakan sembuh dan 1.357 orang masih dalam perawatan medis atau isolasi mandiri. Sementara 385 orang meninggal dunia.


Editor : Umaya Khusniah

Sumber : iNewsAceh