Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Turun Terus, Pembelian Emas di Aceh Meningkat 90 persen

Ilustrasi Emas

INFOACEHTIMUR.COM - Minat warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya terhadap pembelian perhiasan berupa emas mengalami peningkatan dalam beberapa hari belakangan. Murizal, pemilik Toko Emas Ichlas di Pasar Aceh, Banda Aceh mengatakan hingga Kamis (11/3/2021), transaksi pembelian emas di tokonya meningkat 90 persen.

“Kalau kami lihat sebagai pedagang emas, daya beli masyarakat mencapai 90% dan daya jualnya hanya 10 persen,” kata Murizal, ketika dijumpai di tokonya, Kamis (11/3/2021).

1. Harga emas terus menurun membuat warga banyak yang membelinya

Aktivitas jual beli emas di Toko Emas Ichlas di Pasar Aceh, Banda Aceh (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Harga emas, kata Murizal, dalam beberapa hari ini belakangan cukup stabil di Kota Banda Aceh. Penjualan emas dimulai dari Rp2,610 juta per mayam (sekitar 3,33 gram) dan bisa mencapai sampai Rp2,680 juta per mayam disesuaikan dengan jenis perhiasan serta kerumitannya.

Harga tersebut lebih murah dibandingkan pada Februari 2021 lalu yang pada saat itu harga emas masih Rp2,8 juta per mayam. Bahkan pada Januari 2021 masih di angka Rp2,9 juta per mayan hingga Rp2,85 juta per mayam.

Penurunan inilah yang menyebabkan banyak warga di Kota Banda Aceh dan sekitarnya memburu emas untuk berbagai keperluan. 

"Mungkin digunakan untuk investasi, tabungan, mahar atau mas kawin, bayar hutang piutang," kata Murizal.

2. Melemahnya harga emas dunia menjadikan harga emas turun

Pandemik COVID-19 yang mewabah sempat membuat harga emas dunia menguat pada 2020 lalu, yakni di atas 2 ribu dolar AS per ons troi. Di Aceh, harganya sempat menyentuh Rp3 juta per mayam.

"Itu di Juli dan Agustus, sempat di atas Rp3 jutaan," ujar Murizal.

Memasuki 2021, harga emas dunia mengalami kelemahan sehingga terus mengalami penurunan harga hingga mencapai 1.850 dolar AS per ons troi.

Bahkan dalam sepekan terakhir dikatakan Murizal, turun ke 1.720 dolar AS per ons troi atau hampir 100 dolar per ons troi mengalami penurunan..

"Termasuk sangat signifikan juga turunnya," ungkap Murizal.

Kendati demikian, nilai tukar dolar Amerika terhadap Rupiah terlihat melemah. Jika nilai tukar rupiah menguat harga emas dikatakan bisa lebih murah.

3. Kemungkinan harga emas tetap stabil dan sulit mengalami penurunan lebih

Pemilik Toko Emas Ichlas itu memprediksikan, harga emas tidak lagi mungkin mengalami penurunan atau menyentuh harga di bawah Rp2,5 juta per mayam. Hal itu berkaca pada nilai tukar rupiah yang masih tertekan terhadap dolar AS.

"Karena untuk harga Rp2,5 juta per mayam ke bawah, kita harus memperkuat Rupiah menjadi angka Rp13 ribu sekian," katanya.


Sumber : IDN TIMES