Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LEMBAGA KOMUNITAS PENGAWAS KORUPSI PEMPERTAYAKAN KEPASTIAN TENTANG PERTANGUNG JAWAB DANA DESA


Infoacehtimur.com / Darul Aman - Terkait beberapa warga Gampong di Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, melaporkan adanya dugaan penyimpangan pengunaan dana desa, kepada Lembaga LKPK Aceh Timur, (15/03/2021).

Warga menilai pengunaan anggaran dana desa di gampongnya, selama ini diduga tidak transparan kepada masyarakat dan Geuchik belum menyampaikan laporan petanggung jawaban kepada masyarakat di rapat umum.

Dalam Pemerintahan Negara Republik Indonesia telah mengaluarkan Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan. 

Dugaan penyimpangan tersebut muncul Seperti yang di katakan oleh Rajali salah satu warga bagok panah "Geuchik saat ini sudah merasa nyaman dengan hal-hal seperti contoh nya membuat Musrembang tanpa membuat rapat pelaporan pertanggung jawaban ADG Sebelumnya, hal itu membuat pertanyaan baru, Apakah takut, atau bagaimana?" Katanya

"kadang ada yang menyimpang". sambungnya

dari Lembaga Kpk Reza Nuarif selaku wakil ketua lembaga KPK DPC Aceh Timur telah banyak menerima laporan bahwasanya ada beberapa desa di kecamatan Darul Aman, Aceh Timur yang tidaknya keterbuakaan informasi publik masyarat desa tentang ADG di setiap desanya masing - masing.

ia juga mengatakan "di beberapa desa di kecamatan darul aman atas ada nya laporan masyarakat tentang tidak adanya keterbukaan informasi publik bahkan l.kpk telibat langsung dalm memmediasi beberapa desa dalam waktu dekat ini dan dua bulan lalu.