Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pendidikan dengan Local Wisdom



Perkembangan kehidupan global telah memberikan pilihan beragam atas landasan tata kelola kehidupan bersama. Berbagai kekuatan dan elemen kehidupan dari belahan dunia lain saling berkompetisi dalam berebut pengaruh dan kuasa sesuai dengan logika kebenarannya masing-masing. Local wisdom sebagai landasan pengelolaan khas kehidupan bangsa yang lebih mengedepankan relasi selaras dan relatif jauh dari nuansa kompetisi, pada gilirannya, tersingkirkan dalam pergumulan kehidupan saat ini.

Para pengambil kebijakan pendidikan telah melakukan berbagai upaya agar dapat sinergis dan sesuai dengan perkembangan kehidupan global. Tidak dapat dipungkiri bahwa capaian kemajuan bangsa ini dalam kehidupan sangat dirasakan manfaat dan keuntungannya. Namun ketika tata kelola kehidupan khas bangsa ini yang lebih mengedepankan relasi selaras kurang diberi ruang dalam pendidikan dan lebih mengejar capaian agar sesuai dengan perkembangan global, maka perangkap ketergantungan terhadap dunia global menjadi semakin kuat, sekaligus menyisakan ketimpangan dan ketidakmerataan di berbagai lini kehidupan.

Dasar pijakan pada local wisdom menjadi koridor utama dalam pendidikan agar proses internalisasi atas karakter khas bangsa dapat berkelanjutan di tengah hiruk pikuknya kemajuan dunia global. Kebijaksanaan khas bangsa ini (local wisdom) yang lebih mengedepankan relasi selaras dan harmonis relatif akan meredam kuatnya ranah eksploitasi yang ditopang oleh berbagai bentuk kompetisi dan persaingan dalam dunia global. Kehidupan akan mengerucut pada ranah individu maupun kelompok-kelompok tertentu dan pencapaian hasil nyata relatif cepat (instan), bukan lagi keselarasan kehidupan bersama secara holistik.

Ketika local wisdom kurang dikedepankan dalam dunia pendidikan, maka kehidupan bangsa ini akan terus diguncang dan diaduk-aduk oleh berbagai kekuatan dari luar. Karakter khas dalam keselarasan kehidupan menjadi kurang terkoneksi atau bahkan terasa asing dalam kehidupan bangsa ini. Pendidikan bukan hanya membawa bangsa ini mencapai kemajuan dan keuntungan bagi kehidupan, tetapi juga mencapai keharmonisan kehidupan bersama agar terbangun peradaban baru yang dikagumi sekaligus ingin dicapai bangsa lain.

Local Wisdom

Para leluhur bangsa ini telah mewariskan pendidikan tata kelola kehidupan yang mengedepankan relasi selaras antara manusia dengan sesama, dengan alam, dengan Sang Pencipta, dan bahkan antar ketiganya. Berbagai elemen kehidupan juga saling memberikan kontribusi bagi terciptanya tatanan kehidupan bersama secara harmonis melalui penyelenggaraan adat-tradisi dan kegiatan sosial-budaya masyarakat.


Telah terbit di Kumparan.com oleh Tugu Jogja dengan judul "Opini: Local Wisdom dalam Pendidikan"