Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PNS Jadi Janda Akibat Perceraian Meningkat Tahun 2020

Infoacehtimur.com / Siglie - egawai Negeri Sipil (PNS) jadi janda akibat perceraian meningkat di Pidie pada tahun 2020.

Angka penceraian meningkat bila dibandingkan yang terjadi tahun 2021.

Perceraian tersebut meliputi cerai gugat (perceraian diajukan isteri) maupun cerai talak (perceraian diajukan suami), baik guru maupun PNS bekerja di lingkup Kantor Bupati Pidie.

" Angka perceraian PNS di Pidie meningkat pada tahun 2020 mencapai 39 kasus.

Rinciannya, 36 kasus cerai gugat dan 3 cerai talak (perceraian diajukan suami)," kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pidie, Mukhlis MSi, kepada Serambinews.com, Jumat (12/3/2021).

Dikatakan, untuk angka perceraian PNS Pidie pada tahun 2019 mencapai 26 kasus. 

Menurutnya, PNS yang kawin tanpa izin isteri bisa terancam dipecat jika berpedoman kepada PP Nomor 45 Tahun 1990 perubahan atas peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1983 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi PNS.

" Tapi, kasus PNS gara-gara kawin dua dipecat belum pernah kita tangani di Pidie," jelasnya.

Kata Mukhlis, selama ini yang ditangani BKPSDM Pidie hanya melakukan mediasi terhadap PNS yang ingin bercerai

Namun, jika mediasi gagal, maka bupati akan mengeluarkan rekomendasi sebagai persyaratan saat perceraian itu berlabuh ke Mahkamah Syariyah Sigli. 

"Tanpa, adanya rekomendasi dari bupati, maka cerai gugat atau pun cerai talak tidak bisa disidangkan di Mahkamah Syariyah Sigli," ujar Mukhlis.

Ia menambahkan, faktor cerai PNS di Pidie karena suami tidak memiliki kerja sehingga tidak menafkahi isteri dan keluarga.

"Faktor ekonomi penyebab utama PNS bercerai disamping masalah lain tidak cocok lagi," pungkasnya. (*)

Sumber : Ertikel ini telah tayang di Serambi.news dengan judul  / PNS Jadi Janda Akibat Perceraian Meningkat Tahun 2020 di Pidie, Ternyata Ini Faktornya.