Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pulihkan Ekonomi, Negara Uni Eropa Siap Terima Turis Dengan Paspor Vaksin.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Shutterstock/re1)

INFOACEHTIMUR.COM – Beberapa anggota Uni Eropa (UE) telah menerapkan persyaratan lebih ringan bagi pelancong yang telah vaksinasi Covid-19 dan siap untuk mengakui paspor vaksin digital.

Dilansir dari majalah Forbes pada Minggu (7/3/2021), kebijakan tersebut merupakan upaya untuk menyelamatkan ekonomi negara khususnya sektor pariwisata menyambut libur musim panas.

Mengingat Industri pariwisata menyediakan 27 juta pekerjaan di seluruh Eropa dan menghasilkan sekitar 10 persen dari produk domesti bruto (PDB) UE maka hal tersebut diharapkan mampu memancing pemulihan ekonomi eropa..

Negara-negara Uni Eropa ingin mendorong kembali para wisatawan musim panas dengan “digital green pass” atau paspor vaksin sebagai skema untuk memfasilitasi perjalanan ke UE.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, dia mendukung proyek sertifikat vaksinasi umum. Dengan paspor atau bukti vaksin tersebut, para pelancong tidak perlu melakukan tes Covid-19 tambahan atau memasuki karantina.

Pengakuan paspor vaksin

Banyak negara Eropa sudah berkomitmen untuk mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara asal pelancong Eropa.

Negara pertama yang mengakui paspor vaksin untuk menyambut wisatawan adalah Islandia. 

Negara tersebut bersiap untuk mengakui paspor vaksin dimulai dari paspor yang dikeluarkan oleh 26 negara Eropa lainnya dalam wilayah Schengen.

Sementara itu, Yunani dan Portugal, khususnya Kepulauan Madeira dan Azores di Portugal, serta Georgia, Swedia, Denmark, Spanyol, Italia, Polandia, dan Ceko sedang bergerak ke arah yang sama.

Mereka mulai mengimplementasikan langkah kesehatan yang lebih ringan bagi pelancong yang telah divaksin dengan menerbitkan paspor vaksin bagi warganya yang divaksinasi.

Tidak hanya itu, mereka juga mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara-negara UE dan non-UE.

European Best Destinations (EBD)—bagian dari European Destinations of Excellence (EDEN Network) milik UE, bekerja sama dengan kementerian pariwisata UE dalam penyusunan 15 destinasi terbaik bagi wisatawan yang telah divaksin.

Berikut daftar 15 negara di Uni Eropa yang siap menerima wisatawan dengan paspor vaksin:

1. Tbilisi, Georgia

Tbilisi berhasil tetap menjadi salah satu tujuan yang paling tidak terpengaruh oleh Covid-19. Ibu Kota Georgia tersebut adalah nomor satu di antara tujuan paling trendi di Eropa untuk musim panas.

Georgia terbuka tanpa karantina atau pengujian tambahan bagi pelancong yang telah divaksin Covid-19 dari semua negara.

2. Kepulauan Madeira, Portugal

Destinasi wisata ini tetap berada di zona hijau selama pandemi karena langkah kesehatannya yang efektif.

Menggabungkan keselamatan dan rekreasi, Kepulauan Madeira adalah pilihan yang ideal bagi wisatawan yang mencari aktivitas luar ruangan, alam, relaksasi, dan kesehatan.

3. Kefalonia, Yunani

Kefalonia adalah salah satu pulau paling indah di Yunani. Negara tersebut lebih sedikit terpengaruh oleh Covid-19 dibanding lainnya.

Kefalonia siap untuk liburan musim panas tahun ini karena restoran, kafe, serta beragam akomodasi seperti vila, apartemen turis, dan pantai-pantai telah dibuka dengan protokol kesehatan.

4. Islandia

Islandia adalah negara Eropa pertama yang memberlakukan pemberian sertifikat vaksin kepada warganya setelah menerima dua dosis.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan akan dimanjakan oleh udara Islandia yang segar, serta alamnya yang indah dengan pantai-pantai berpasir hitam, laguna, geyser, dan air terjunnya.

5. Cavtat, Kroasia

Cavtat adalah salah satu destinasi paling aman di Eropa karena rendahnya jumlah kasus Covid-19, serta kedekatan dengan bandara dan rumah sakit.

Soal destinasi wisata, pantai-pantai di sana adalah salah satu pilihan kesukaan para selebriti untuk mengisi energi kembali, makan di restoran yang bagus, bertemu dengan warga setempat, serta jalan-jalan dan mandi di perairan wilayah Konavle.

6. Seville, Spanyol

Setelah pembatasan yang ketat membuahkan hasil positif untuk menahan Covid-19, Menteri Perindustrian, Perdagangan, dan Pariwisata Spanyol Maria Reyes Maroto menuturkan, pihaknya berencana untuk memasukkan paspor vaksin ke koridor perjalanan yang aman.

Spanyol berharap menjadi salah satu negara pertama yang menerapkan paspor vaksin untuk meningkatkan industri pariwisata yang lesu.

Seville memiliki jumlah penularan Covid-19 yang lebih rendah dibandingkan bagian lain di negara tersebut. Hal ini membuatnya aman untuk dikunjungi.

7. Kota Athena

Athena adalah salah satu destinasi liburan yang aman di Eropa. Kota tersebut mengombinasikan keamanan dan rekreasi dengan sejarah, toko, monumen, restoran, kafe, dan pantai di dekatnya.

Yunani telah mencapai kesepakatan untuk menyambut wisatawan dari Israel jika mereka memiliki paspor vaksin.

Sementara itu, Siprus mengumumkan, mereka akan menyambut kembali wisatawan mulai 1 Mei 2021 selama mereka memiliki dua dosis vaksin apa pun yang disetujui European Medicines Agency (EMA).

8. Rubjerg Knude, Denmark

Denmark dan Swedia adalah pelopor dalam paspor vaksin Covid-19. Saat ini, paspor tersebut telah digunakan untuk mengakses acara seperti konser dan pameran, memesan meja di restoran, serta untuk perjalanan oleh warganya.

Kini, dua negara tersebut telah berkomitmen untuk mengakui paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara lain.

Menurut WHO, paspor ini akan kompatibel dengan sertifikat internasional dan paspor vaksin yang dikeluarkan oleh negara-negara Eropa.

Denmark berharap, sistem sertifikat vaksin akan diperkenalkan pada akhhir bulan atau akan beroperasi penuh sekitar Juni. Mereka berharap langkah tersebut sapat efektif untuk pemulihan ekonomi negara.

Saat berada di Denmark, pengunjung akan disuguhi bentang alam yang luas seperti Hjorring. Ada juga Rubjerk Knude Lighthouse, salah satu situs ikonik Denmark yang bisa dikunjungi.

9. Azores, Portugal

Kepulauan yang dibentuk dari sembilan pulau ini adalah salah satu destinasi wisata paling aman di Eropa karena 100 persen alam. 

Wisatawan harus memiliki bukti vaksinasi agar diizinkan masuk ke sana tanpa tes Covid-19 tambahan atau karantina.

Jika tidak, pihak berwenang mengizinkan wisatawan berkunjung tanpa karantina dengan menunjukkan sertifikat tes negatif yang diambil kurang dari 72 jam sebelum perjalanan.

10. Stockholm, Swedia

Swedia adalah salah satu negara pertama yang mendukung paspor vaksin untuk bepergian dan kehidupan sehari-hari.

“Stockholm adalah tujuan yang harus dilihat di Swedia. Kota kosmopolitan, penuh warna, inovatif, dan berkilau ini adalah salah satu bu kota terindah di Eropa,” kata EBD.

Tempat ini cocok untuk dikunjungi jika ingin belanja, lakukan kegiatan gastronomi, atau bagi mereka yang menyukai seni dan acara budaya karena di sana ada instalasi seni di sekitar kota.