Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TV Analog dihentikan. Kominfo: Segera Beralih ke Televisi Digital.

JAKARTA -- Siaran TV analog berakhir pada 2 November 2022.

Pict: brand

Karenanya, Direktur Jenderal PPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menghimbau dan mengajak masyarakat yang mampu untuk beralih ke televisi digital.

Peralihan tersebut bertujuan untuk mempermulus proses migrasi dari televisi analog ke digital di mana

Melansir Republika.co.id, Ditjen PPI mengatakan, "Saya mengajak masyarakat, kalau memang punya budget, segera pasangi TV dengan penerima digital karena sayang sekali jika lembaga penyiaran sudah menayangkan acara bagus kalau masih nonton analog," kata Ramli dalam webinar Membangun Ekosistem Penyiaran Televisi Digital, Rabu (10/3).

Mski penyiaran bermigrasi dari analog ke digital, tontonan tetap tidak berbayar seperti pada TV analog sehingga tidak perlu khawatir mengenai biaya, ungkap Ramli.

Dia mengatakan, Indonesia sudah terlambat dibandingkan negara-negara lain sehingga ia berharap semua pihak bekerjasama untuk melancarkan proses migrasi ini.

Selain televisi digiral memiliki kualitas gambar yang lebih jernih, migrasi analog ke digital juga menyisakan ruang kosong di sumber daya frekuensi 700 MHz yang dipakai tv analog. Ruang kosong di frekuensi tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengembangan teknologi 5G dan tentunya itu berpengaruh kepada perluasan "lahan" ekonomi.

"Bila internet broadband tumbuh 10 persen, akan ada dampak 1,25 persen untuk pertumbuhan ekonomi", ungkap Ditjen PPI Menkominfo.

Berkaca dari kondisi pandemi saat ini, meski banyak kegiatan yang terhenti, tapi perdagangan daring / jualan online tetap berjalan berkat kehadiran internet.

"Kalau masih 2G, 3G, enggak mungkin bisa menfasilitasi."

Peralihan ke telivisi digital dinilai sangat berguna untuk perluasan frekuensi sinyal 5G dan itu berpengaruh positif bagi normalisasi dan peningkatan ekonomi masa sekarang.

Telah terbit di Republika dengan judul: "Kominfo Ajak Masyarakat Segera Beralih ke Televisi Digital".