Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5 Restoran Aceh Ini Punya Takjil Buka Puasa, Juga Nasi Gurih hingga Mie Aceh

Foto: Instagram mieacehkedaikiko

INFOACEHTIMUR.COM – Hari ini mau buka puasa dengan menu istimewa? Masakan Aceh di lima restoran ini bisa jadi pilihan. Ada menu takjil buka puasa hingga makanan utama yang puaskan selera.

Buka puasa paling enak menikmati menu tradisional dari berbagai daerah Indonesia. Jika bosan masakan Jawa, sesekali kamu bisa coba masakan Aceh.



Di Jakarta ada banyak restoran atau rumah makan dengan menu khas Aceh yang bisa dicoba. Menu utamanya seperti nasi gurih, nasi goreng, dan mie Aceh.


Tak sedikit restoran Aceh yang turut menawarkan kudapan sehingga cocok dijadikan takjil buka puasa. Salah satunya kue thimpan atau kue timpan yang terbuat dari tepung ketan dengan rasa manis enak.

Lalu ada juga pulut panggang khas Aceh. Tampilannya seperti lemper yang dibuat dengan campuran ketan dan santan. Menu lainnya adalah roti canai dengan topping manis yang pasti nikmat disantap saat berbuka puasa.



Sebelum menikmati menu utama, kamu juga bisa segarkan dahaga dengan minuman segar khas Aceh. Diantaranya es teh tarik dan es timun serut yang terkenal kesegarannya.

Berikut detikfood merekomendasikan 5 restoran Aceh untuk tempat berbuka puasa:

1. Jambo Kupi

Jambo Kupi jadi pilihan banyak penggemar masakan Aceh untuk memuaskan selera. Gerainya ada di Kemang Raya dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ragam menu khas Aceh tersedia di sini, termasuk kudapan yang cocok jadi takjil buka puasa.



Jambo Kupi punya thimpan srikaya, pulut panggang, roti bakar srikaya, ketan kuning hingga roti canai manis dan gurih. Tentunya dengan pilihan menu utama yang bikin kamu kenyang.

Banyak orang menjagokan nasi guri di sini. Lauknya ada banyak, seperti ayam tangkap, ikan kayu, dan dendeng aceh. Kalau ke sini, pesan juga es timun serut atau es pepaya serut yang mampu menyegarkan dahaga.

2. The Atjeh Connection

The Atjeh Connection punya beberapa cabang di Jakarta, termasuk di Menteng dan Bendungan Hilir. Restoran ini memiliki tempat yang nyaman dan menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa dijadikan pilihan tempat buka puasa.



Untuk menu takjil buka puasa di sini, The Atjeh Connection punya roti jala keju susu, roti air, roti srikaya, risol, hingga pulut panggang. Lalu tersedia minuman seperti teh tarik dan es timun serut yang jadi incaran banyak pengunjung.

Saat lapar melanda, kamu bisa pesan menu utama di sini. Pilihannya ada lontong sayur aceh, nasi gurih, hingga mie aceh nyemek yang puaskan selera.

3. Dapoe Indatu

Rekomendasi restoran Aceh selanjutnya yang bisa kamu sambangi adalah Dapoe Indatu. Lokasinya ada di Jalan Bintaro Utama 3A Blok DD 15 Nomor 1.

Selama bulan puasa, mulai besok, restoran ini buka mulai pukul 4 sore hingga 12 malam. Menu yang ditawarkan cukup beragam, dari mie aceh (goreng, tumis, atau rebus), nasi goreng aceh, nasi gurih, hingga martabak aceh.



Untuk buka puasa, kamu bisa memesan cane kari kambing atau cane susu keju di sini. Pililhan lainnya adalah pisang bakar dan roti bakar dengan berbagai topping manis. Juga minuman seperti kopi aceh, teh tarik, dan es timun sirup kurnia.

4. Lampoh Coffee

Mau menikmati masakan Aceh dengan suasana coffee shop kekinian? Lampoh Coffee di Jalan Raya Viktor BSD Nomor 87 bisa disambangi. Mulai besok selama bulan puasa, Lampoh Coffee buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 9 malam.

Menu takjil buka puasa di sini beragam. Kalau mau yang gurih, kamu bisa coba martabak aceh. Untuk menu lainnya adalah roti cane manis, pisang goreng lampoh, atau pisang bakar.



Lampoh Coffee turut menawarkan makanan utama khas Aceh seperti nasi goreng dan mie aceh. Untuk mie aceh bisa digoreng, tumis, atau rebus dengan pelengkap telur, udang, daging, cumi, dan seafood.

5. Mie Aceh Kedai Kiko

Restoran Aceh ini juga menawarkan suasana santai layaknya kafe dan coffee shop. Namanya Mie Aceh Kedai Kiko yang ada di Jalan Radio Dalam Raya Nomor 34.

Selama ramadan, Kedai Kiko melayani makan di tempat mulai dari pukul 5 sore sampai 11 malam, dimulai dari besok. Buka puasa di sini, kamu bisa menyantap kue lupis dan aneka makanan manis lainnya.

Untuk makanan berat, jangan lewatkan lontong medan dan nasi gurih di sini. Juga kopi aceh yang terkenal nikmat.



Sumber : Detikcom