Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

5G Indonesia: 3 Operator Seluler Lolos Seleksi dan Siap 'bertarung' dalam Lelang Harga.

InfoAcehTimur.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telak melaksanakan proses lelang pita frekuaensi 2,5 GHz. Frekuensi 2,3 GHz itu bakal digunakan untuk menjalankan layanan internet mobile 5G di Indonesia pada tahun 2021.

Operator yang mendaftarkan diri untuk proses lelang tersebut sebanyak lima opeeator seluler yaitu yaitu PT Telekomunikasi Selular, PT Indosat Tbk, PT Smart Telecom, PT Hutchison 3 Indonesia, dan PT XL Axiata Tbk. 

Kelima operator seluler tersebut sudah mengambil "formulir" dan menyerahkan kelengkapan dokumen pendaftaran lelang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumumkan bahwa dari lima operator yang mendaftar, hanya tiga operator seluler yang mampu melengkapi dokumen. Ketiganya ialah Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren lalu selanjutnya merekalah yang berhak mengikuti Lelang Ulang untuk frekuensi tersebut.

Mengutip Kumparan, Kominfo menyatakan bahwa Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren akan mengikuti tahapan lelang harga. Proses lelang harga rersebut akan diselenggarakan pada Senin (19/4). 

Lelang ulang bertujuan untuk menambah pita frekuensi bagi Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler. Penambahan frekuensi diadakan untuk meningkatkan kapasitas jaringan seluler dan meningkatkan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).