Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Berikut Pahala Puasa Ramadhan dan Amalan yang Memperkuatnya

Sumber foto : https://pixabay.com/


Infoacehtimur.com / Lifestyle - Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat muslim dan bulan yang penuh dengan kemuliaan serta berlomba-lomba memperbanyak ibadah untuk menambah pahala, karena semua amalan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Pahala Puasa Ramadhan dan Amalannya



Pahala puasa Ramadhan sangat besar bagi mereka yang melakukannya dengan ikhlas. Seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT., maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu pahala puasa Ramadhan juga telah tercantum dalam beberapa hadist Rasulullah SAW. Pahala orang berpuasa akan dilipatgandakan 10 kali, bahkan bisa 700 kali lipat. Sedangkan pahala puasa sendiri akan dilipatgandakan sampai tak terhingga oleh Allah SWT.

Amalan yang Menambah Pahala Puasa Ramadhan



Selain melaksanakan ibadah puasa, dalam buku Memantaskan Diri Menyambut Bulan Ramadhan, Abu Maryam Kautsar Amru (2000) dijelaskan bahwa ada beberapa hal yang bisa menambah pahala puasa Ramadhan kita hingga berlipat-lipat, seperti berikut ini :

1. Menyegerakan berbuka

Berbuka puasa ini dianjurkan apabila telah tiba waktunya. Menyegerakan berbuka maksudnya adalah membatalkan puasa begitu terdengarnya adzan maghrib. Ini merupakan salah satu sunnah dari puasa, yang bila dilakukan bisa menambah pahala puasa Ramadhan.



2. Makan sahur di malam hari

Banyak orang yang merasa malas untuk makan sahur di malam hari dan memilih untuk makan sahur sebelum tidur. Padahal, orang yang melaksanakan makan sahur akan mendapatkan banyak keberkahan dari Allah SWT.

3. Memberi makanan kepada orang yang berpuasa

Saat bulan Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba untuk membagikan makanan dan minuman. Berbagi pahala akan mengalir jika berbagi makanan kepada orang yang sedang berpuasa.



4. Membaca Al-Qur’an

Kitab suci Alquran pertama kali turun pada bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an sebagai amalan saat bulan Ramadhan.

5. Berdzikir



Memperbanyak berdzikir dianjurkan pada bulan Ramadhan karena dapat menambah pahala puasa Ramadhan. Selain itu berdzikir adalah amalan yang bisa dilakukan kapapun dan dimanapun.

Demikian beberapa amalan yang dapat menambah pahala puasa Ramadhan yang bisa kita lakukan saat bulan Ramadhan.(*)