Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Berita Hoaks Penemuan Janin Hebohkan Warga Aceh, Polisi Buru Akun Pengunggah

Unggahan berita hoaks yang menghebohkan warga Aceh. (Foto: Tangkapan layar)


INFOACEHTIMUR.COM – Warga Aceh dihebohkan dengan isu penemuan janin bayi di pinggir pantai Kabupaten Pidie Jaya. Informasi tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, Sabtu (24/4/2021) dan viral di media sosial.

Setelah ditelusuri, isu tersebut merupakan hoaks yang dibuat oleh pemilik akun bernama Nur Rafika. Kini aparat Polres Pidie Jaya sedang memburu pemilik akun Facebook Nur Rafika terkait penyebaran informasi tak benar tentang penemuan janin di lokasi wisata.

Kasat Intelkam, Iptu Mawardi mengatakan, pihaknya sedang menyelidiki penyebaran berita hoaks oleh akun Facebook Nur Rafika. Unggahan tersebut telah membuat kehebohan dan menyebarkan berita hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Mawardi menjelaskan, dari hasil penyelidikan sementara, berita itu pernah dipublikasikan pada bulan Agustus 2019. Kali ini diubgah lagi dengan bunyi tulisan 'Baru saja kejadian sore ini pukul 07.20, seorang bayi dibuang oleh ibu kandung sendiri di Pantai Wisata Pidie Jaya, tega seorang ibu membuangnya, semoga tenang di sana ya dek'.

"Ini jelas penyebaran berita palsu, dimana akun Nur Rafika kembali mempostingnya di tahun 2021 dengan lokasi yang sama tetapi dengan pukul penemuan yang berbeda," katanya, Minggu (25/4/2021).

Mawardi berharap agar masyarakat bijak dalam mengunakan media sosial dan jangan pernah mengunggah berita hoaks (berita bohong). Ini berakibat timbulnya keresahan di tengah tengah masyarakat.

Pantauan media, postingan tersebut diduga sudah dihapus karena tak lagi muncul di akun Facebook yang bersangkutan. Namun hingga berita ini dipubliskan belum ada jawaban dari akun Nur Rafika.

Terkait kasus penyebaran berita hoax itu akun FB Nur Rafika diancam dengan UU no19 tahun 2016 pasal 45 A (1) dengan pidana penjara enam tahun dan denda Rp1 miliar. 





Sumber : iNewsAceh