Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Cerita Ibu Muda di Aceh Melahirkan dalam Pembalut, Warga Soroti Pelayanan RSUD

Raudatul Jannah, ibu muda di Pidie Jaya melahirkan dalam pembalut lantaran diduga tidak ditangani maksimal petugas medis di RSUD Pidie Jaya. (Foto: iNews/Jamal Pangwa)


INFOACEHTIMUR.COM – Warga Pidie Jaya, Aceh dibuat geger dengan peristwia seorang ibu muda yang harus melahirkan dalam pembalut. Insiden yang terjadi, Jumat (15/4/2021) lalu itu, diduga karena lambannya pelayanan dari pihak rumah sakit.

Saat ini, pasien bernama Raudatul Jannah, warga Gampong Keurisi Meunasah Lueng, Kecamatan Jangka Buya, Kabupaten Pidie Jaya sudah kembali ke rumahnya setelah dua hari berada di rumah sakit.

Raudatul awalnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Pidie Jaya sekitar pukul 00.30 WIB agar mendapat penanganan medis di rumah sakit itu. Namun di rumah sakit, Raudatul malah tak mendapatkan pelayanan maksimal dari pihak rumah sakit. 

Pasien akhirnya melahirkan dengan kondisi dibantu ibunya di ruang bersalin.

Raudatul Jannah mengaku, sangat trauma dengan pelayanan medis yang diberikan petugas di RSUD Kabupaten Pidie Jaya. 

"Sebelum melahirkan, saya sempat mengeluh tentang kondisi perut yang mulai sakit, dan adanya cairan ketuban yang sudah keluar. Namun, petugas medis justru menyuruh saya mengenakan pembalut terlebih dahulu," tuturnya, Minggu (18/4/2021).

Meski demikian, Raudatul bersyukur bisa melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan berbobot 3,3 kg dengan selamat. 

Pemerhati sosial dari Balai Syura Ureung Inong Aceh, Fadhlina mengaku prihatin dengan kondisi yang dialami pasien yang melahirkan bayinya di dalam pembalut. 

“Saya meminta petugas medis harus bertanggung jawab penuh terhadap pelayanan kesehatan masyarakat jangan bersikap abai. Ini menyangkut dengan nyawa manusia. Untung saja dengan kejadian di RSUD Pidie Jaya, bayi dan ibunya selamat. Coba kalau bayi dan ibunya kenapa-napa,” katanya. 

Pihak rumah sakit sudah meminta maaf atas kelalaian mereka sehingga terjadi hal tersebut.




Sumber : iNewsAceh