Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Facebook Mulai Minta Izin untuk Lacak Aktivitas Pengguna iPhone



INFOACEHTIMUR.COM – Salah satu fitur baru dari iOS 14.5 yang dirilis awal pekan ini adalah App Tracking Transparency yang memberikan pilihan kepada pengguna pengguna, apakah akan membolehkan sebuah aplikasi melacak aktivitas online mereka atau tidak.

Hal tersebut sempat menjadi poin keberatan Facebook yang bisnis iklannya bergantung pada pelacakan aktivitas pengguna, meski akhirnya jejaring sosial itu tunduk juga pada ketentuan Apple.

Facebook pun mengatakan pihaknya telah mulai meminta izin kepada para pengguna iPhone yang sudah menjalankan iOS 14.5 untuk melacak aktivitas mereka, dengan cara memunculkan notifikasi khusus ketika aplikasi dijalankan.

Di notifikasi ini, pengguna bisa memilih apakah akan membolehkan Facebook atau tidak. Namun, karena dirilis secara bertahap, Facebook mengatakan belum semua pengguna iPhone dengan iOS 14.5 sudah mendapat notifikasi yang bersangkutan.

"Kami akan meluncurkan permintaan izin tersebut selama beberapa pekan ke depan, sehingga tidak semua pengguna yang memenuhi syarat dapat segera melihat permintaan tersebut," ujar juru bicara Facebook.

Selain Facebook, aplikasi Instagram juga akan menampilkan notifikasi serupa, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu (28/4/2021).

Keharusan untuk meminta izin pengguna sebelum melakukan pelacakan berlaku untuk semua aplikasi, bukan hanya Facebook dan keluarganya.

Sebelumnya, Facebook secara terbuka sempat menentang kebijakan App Tracking Transparency yang dinilai bisa membahayakan bisnis iklan mereka di platform iOS, sehingga berpotensi kehilangan pendapatan.

Namun, Facebook akhirnya manut dan mulai meminta izin kepada pengguna sebagai syarat agar aplikasinya bisa tetap beredar di iOS.





Sumber : Kompas