Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hewan Ternak Berkeliaran di Darul Aman, Pemiliknya Kemana ?


Infoacehtimur.com / Idi Cut - Dalam suasana ramadhan tahu ini, masyarakat darul aman banyak keluhkan dengan berkeliarannya hewan ternak. Terutama SAPI yang sangat disesalkan kepada para pemilik hewan ternak yang membiarkan peliharaannya berkeliaran di malam hari dimana -mana.

Padahal dalam kabupaten/kota di Aceh sudah memiliki Qanun untuk penertiban ternak, seperti kambing, sapi, kerbau, dan lain-lain. Akan tetapi, Qanun itu seperti tidak diterapkan, sehingga di wilayah seperti kecamatan Darul Aman Aceh Timur. juga tak jarang terlihat sapi-sapi berkeliaran di jalanan.

Dengan berkeliarannya hewan ternak maka mereka yang  bercocok tanam tanpa pagar yang dilapisi kawat duri, maka itu akan menjadi sia-sia menanamnya. Misalkan ada sapi yang mengganggu tanaman. Kita  tegur sama pemilik ternak tersebut. Mereka akan suruh kita buat pagar yang memadai terlebih dahulu.

Hampir semua daerah yang memiliki Qanun atau Perda tentang penertiban ternak, isi utamanya adalah “Setiap orang atau badan dilarang membiarkan hewan ternak miliknya berkeliaran di tempat tempat umum, fasilitas umum, fasilitas sosial, taman, atau tanah milik masyarakat, pekarangan rumah lainnya.” dan peraturan itu juga memberi sanksi atau hukuman bagi pelanggarnya.

Camat Darul Aman T.Muyazir
Kami pihak kecamatan telah menghimbau kepada setiap kepala desa di darul aman agar ternak hewan masyarakat tidak dilepas. Khusus nya daerah Jalan Raya. Tidak hanya jalan raya. jalan dalam desa pun harus di ikut sertakan Agar tidak berserakan dengan kotoran sapi.

Bukan hanya pihak kecamatan saja yang sudah menghimbau aturan ini. Pihak dinas dan pihak SATPOL-PP juga telah turun ke kecamatan darul aman untuk menyampaikan hal tersebut. Akan tetapi sampai saat ini ada beberapa desa belum menjalankan aturan ini sebagaimana mestinya.