Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Instagram Siapkan Fitur untuk Influencer dan Kreator Dapat Cuan

Instagram Siapkan Fitur untuk Influencer dan Kreator Dapat Cuan Foto: (iStock)

Infoacehtimur.com / Teknologi -
Instagram sedang menyiapkan sederet fitur baru yang bisa membantu influencer dan kreator konten mendapatkan uang di platform-nya. Fitur-fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam siaran Instagram Live dengan CEO Instagram Adam Mosseri.

Fitur pertama adalah Creator Shops yang memungkinkan kreator menjual produk lewat profil mereka langsung ke pengguna Instagram. Fitur ini adalah ekspansi dari fitur Shops yang ada saat ini.

"Kami melihat banyak kreator membuka toko juga, dan salah satu bagian dari model bisnis kreator konten adalah kalian menciptakan konten keren, dan kemudian kalian bisa menjual barang, dan memiliki toko kreator itu luar biasa," kata Zuckerberg, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (28/4/2021).

Selain itu, Instagram juga sedang mengembangkan tools yang memungkinkan kreator dan influencer di platform-nya untuk mendapatkan uang saat mempromosikan sebuah produk dalam kontennya.

Zuckerberg mengatakan kreator dan influencer harus bisa mendapatkan komisi dari produk yang mereka promosikan, oleh karena itu Instagram menciptakan 'affiliate recommendation marketplace'.

Instagram turut mengembangkan 'branded content marketplace' yang bisa menjodohkan brand dengan influencer yang kontennya sesuai dengan audiens yang ingin dijangkau.

Saat ini influencer dan kreator memang sudah dibayar untuk mengunggah sponsored content alias konten endorse. Tapi dengan fitur ini Instagram bisa membantu brand menemukan kreator yang sedang naik daun.

Zuckerberg tidak mengungkap bagaimana perjanjian antara brand dan influencer dapat disusun, tapi ia mengatakan rencana ini akan menawarkan persyaratan yang sangat menguntungkan untuk kreator.

"Kami tidak membangun ini dari sudut pandang kami mencoba menghasilkan banyak uang," kata pria berusia 36 tahun ini.

Saat ini fitur-fitur Instagram tersebut masih dalam tahap pengembangan. Zuckerberg juga tidak mengungkap kapan fitur-fitur ini akan digulirkan kepada pengguna Instagram.


(vmp/fay) Virgina Maulita Putri - detikInet