Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Suci Ramadan, Lengkap dengan Dalilnya

Inilah pentingnya menjaga kebersihan tubuh sebelum salat tarawih. ©2016 Merdeka.com

Bulan suci Ramadan telah tiba. Umat Islam di seluruh penjuru dunia tengah bersuka cita dan berlomba-lomba untuk mencari pahala. Limpahan berkah dan kebaikan pun senantiasa mengikuti di setiap langkah untuk beribadah kepada Allah SWT.



Selain puasa wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah di malam hari atau shalat tarawih dan witir. Bahkan, shalat tarawih tersebut dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat berikut ini.

"Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau."(HR. Bukhari, Muslim).

Banyak yang tak mengetahui tentang keutamaan shalat tarawih. Ibadah yang hanya dapat dilakukan di bulan Ramadan ini rupanya memiliki banyak keutamaannya. Untuk mengetahuinya, umat Islam juga perlu memahami tentang tata cara shalat tarawih agar semakin sempurna saat menunaikannya.



Lantas bagaimana tata cara dan apa saja keutamaan shalat tarawih tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Hukum Shalat Tarawih

Bulan suci Ramadan membawa banyak kebahagiaan bagi semua kaum muslim di dunia. Bulan Ramadan waktunya bagi umat Islam untuk kembali introspeksi diri dan beribadah sesuai perintah Allah SWT.

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang istimewa lantaran hanya bisa dikerjakan di bulan Ramadan. Kendati demikian, hal ini bukan semata-mata menandakan bahwa shalat tarawih harus dikerjakan bagi umat Islam di malam hari.

ilustrasi salat di rumah
©2020 Merdeka.com/umroh.com

Sebab, hukum shalat tarawih sendiri merupakan sunnah muakad. Artinya, hanya sebatas dianjurkan untuk dikerjakan guna mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jika seorang muslim dapat mengerjakannya disebut akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Namun, bukan suatujika dosa besar jika seorang muslim tidak mengerjakannya.

Tata Cara Shalat Tarawih



Shalat tarawih bisa dikerjakan sendiri ataupun berjamaah di rumah maupun di masjid. Namun, diutamakan untuk ditunaikan secara berjamaah guna meningkatkan silaturahmi dan pahala yang berlipat-lipat. Seperti pada hadist Rasulullah SAW berikut ini,

"Shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujug derajat." (H.R. Bukhari).

Dilansir dari situs NU Online, berikut tata cara shalat tarawih yang bisa dikerjakan bagi umat Islam:

  1. Melafalkan niat shalat tarawih
  2. Takbiratul Ihram
  3. Membaca surat Al Fatihah, dilanjutkan membaca salah satu surat di dalam Alquran
  4. Rukuk
  5. I’tidal
  6. Sujud pertama
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Bangkit dan mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama
  9. Melakukan gerakan dan mengucapkan salam
  10. Membaca istighfar dan kamalin

Bacaan Niat Shalat Tarawih



Berikut bacaan niat shalat tarawih yang harus diketahui umat Islam sebelum menjalankan amalan sunnah tersebut:

Bacaan Shalat Tarawih Imam

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan imaman lillahi ta’ala

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT".

Bacaan Shalat Tarawih Makmum

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan mamuman lilahi ta’ala

Artinya:
"Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT".

Keutamaan Shalat Tarawih



Meski merupakan salah satu amalan sunnah yang hanya dapat dilakukan saat bulan suci Ramadan, namun shalat tarawih ternyata memiliki banyak keutamaan.

ilustrasi salat berjamaah
Pinterest ©2020 Merdeka.com

Keutamaan shalat tarawih tersebut baik bagi yang melakukannya hingga orang lain. Berikut beberapa keutamaan shalat tarawih yang dapat diperoleh:

  • Dosa-dosa Diampuni



Keutamaan shalat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits sahih berikut ini,

"Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR. Bukhari Muslim).

Untuk itu, bagi mereka yang berlomba-lomba mengerjakan shalat tarawih selama bulan Ramadan disebut akan terlahir kembali dengan jiwa yang bersih. Selain itu, shalat tarawih juga dapat mendekatkan jiwa kepada Allah SWT sehingga umat Islam pun senantiasa akan jauh dari segala larangan-Nya.

  • Setara dengan Qiyamul Lail Jika Berjamaah

Selain itu, keutamaan shalat tarawih yakni umat Islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik di masjid atau pun rumah sendiri. Sementara itu, shalat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

"Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk." (HR. Tirmidzi).

  • Menguatkan Tali Silaturahmi



Keutamaan shalat tarawih yang berikutnya adalah mampu memperkuat tali silaturahmi antara umat Islam. Saat dilakukan berjamaah di masjid, maka muslim pun dapat bertemu dan bercakap-cakap sehingga tali persaudaraan akan semakin terjalin. Saat ditunaikan berjamaah di rumah, hubungan antar anggota keluarga pun juga akan semakin harmonis.

"Seseorang yang menyambung tali silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan dengan kebaikan. Akan tetapi seorang yang menyambung tali silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari).

  • Meningkatkan Kesehatan Jiwa dan Raga



Keutamaan shalat tarawih yang terakhir tak lain dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Selain mendapatkan batin yang tenang dan damai dengan menjalankan perintah-Nya, shalat tarawih rupanya juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Di antara yaitu meningkatkan kesehatan tulang hingga persendian, membakar kalori yang tertimbun di dalam tubuh, menjauhkan dari penyakit diabetes, meningkatkan fungsi otak, serta membantu otak untuk mengendalikan hormon penyebab stres berlebih.

(mdk/mta)