Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kue Timpan Makanan Legendaris Dari Aceh


Penulis | Haris Munandar, Mahasiswa IAIN LANGSA, Prodi Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, KPM TEMATIK 2021.

Makanan satu ini merupakan makanan tradisional Aceh yang sering dijadikan menu utama saat hari raya. Namanya adalah Kue Timpan.

Apakah Kue Timpan itu?

Kue Timpan adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Kue satu ini termasuk jenis kue basah yang terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang raja. Di dalamnya biasanya terdapat berbagai varian isi seperti parutan kelapa atau srikaya. Kue Timpan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Aceh, dan sering disajikan sebagai menu utama saat hari raya.

Keunikan Dan Keistimewaan Kue Timpan

Salah satu keunikan dari Kue Timpan ini adalah bahannya yang terbuat dari campuran ketan dan pisang. Perpaduan dua bahan ini tentu akan menghasilkan perpaduan rasa yang unik dan sangat khas. Selain itu didukung dengan isi kue yang terbuat dari bahan parutan kelapa atau srikaya tentunya membuat makanan satu ini semakin terasa istimewa.


Proses Pengolahan Kue Timpan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kue Timpan merupakan kue basah yang terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja, karena memiliki tekstur yang halus dan aroma yang cukup kuat. Sedangkan untuk isi Kue Timpan bisa terbuat dari parutan kelapa, pisang, ataupun srikaya. Selain itu, untuk daun pisang yang digunakan biasanya merupakan daun pisang yang masih muda. Karena selain lebih lentur, daun pisang muda juga bisa menambah aroma pada kue saat dikukus.
Dalam proses pembuatannya, pertama harus membuat adonan ketan dan pisang terlebih dahulu. Untuk membuatnya, santan, pisang, serta tepung ketan dimasak. Lalu tambahkan gula serta garam sedikit demi sedikit dan aduk perlahan hingga matang. Kemudian dinginkan beberapa saat. Setelah dingin, adonan tersebut lalu dipulung atau digulung menjadi satu. Kemudian setelah pembuatan adonan selesai, dilanjutkan dengan membuat isi Kue Timpan. Untuk isi parutan kelapa dan srikaya, biasanya dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda dan sesuai dengan bahan masing masing.


Setelah adonan dan isi timpan sudah siap, kemudian dilanjutkan dengan membuat Kue Timpan. Untuk membuatnya, daun pisang dibentangkan di atas telenan dan taruh satu sendok adonan ketan di atasnya. Setelah itu, beri isi timpan secukupnya, dan gulung adonan sampai isi timpan tertutup adonan. Kemudian balut adonan tersebut dengan daun pisang dan kukus hingga matang.
Bahan Pembuatan Selai Srikaya : 
1 Gelas telur utuh       
1 Gelas gula pasir
2 Gelas santan 
Pewarna makanan/perasa (opsional) 

Cara Pembuatan Selai Srikaya : 
Aduk gula pasir dan telur utuh didalam wajan sampai tercampur rata 
Masukkan santan, gunakan api kecil dan diaduk secara terus-menerus agar tidak menggumpal sampai tekstur mengental, lalu matikan apinya. 

Bahan Adonan : 

500 Gram Labu kuning 
1 Butir Telur
Tepung ketan secukupnya 
Garam secukupnya 
Santan secukupnya 


Cara Pembuatan Adonan: 

Potong potong labu kuning dan bersihkan, lalu direbus dengan santan sampai mendidih dan tambahkan sedikit garam/ secukupnya.

Haluskan labu yang sudah direbus dengan menggunakan blender. 

Tuangkan labu yang sudah halus di dalam wadah besar, masukkan saatu butir telur utuh dan aduk rata.

Tambahkan tepung ketan sedikit demi sedikit sampai membentuk layaknya adonan kue.

Adonan siap di bentuk dan di balut menggunakan daun pisang muda. 

Sebelum dibalut menggunakan daun pisang, terlebih dahulu daun pisangnya diolesi mimyak goreng agar tidak lengket nantinya.

Siap kukus sekitar 15-25 menit. 

Proses pengolahan di atas hanya sedikt gambaran tentang cara pengolahan Kue Timpan. Sehingga bagi anda yang ingin membuatnya sendiri, anda bisa mencari resep yang lebih rinci dan lebih sesuai dengan keinginan anda.

Cita Rasa Kue Timpan

Kue Timpan ini memiliki cita rasa yang sangat khas, perpaduan rasa manis dan gurih pada adonan ketan tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. 
Didukung dengan isi timpan yang terbuat dari parutan kelapa atau srikaya tentu membuat rasa Kue Timpan ini semakin nikmat. Selain itu teksturnya yang halus dan aroma pisang semakin membuat rasa Kue Timpan ini semakin komplit.


Kuliner Kue Timpan

Kue Timpan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di daerah Aceh. Pada dasarnya kue ini hanya khusus disajikan saat hari raya saja oleh masyarakat Aceh. Namun bagi anda yang berwisata ke sana dan ingin menikmatinya, anda bisa bisa langsung mencarinya di toko 
oleh-oleh yang ada di sana.

Sekian pengenalan tentang “Kue Timpan Makanan Tradisional Dari Aceh”. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.