Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MEMBUNIKAN LITERASI MELALUI MEDIA GAMBAR DI PAUD ISLAMI AL HIDAYAH GAMPONG TEUNGOH


Oleh: Rejeqkiah ( Mahasiswa Prodi BKI Fuad IAIN Langsa)
Nindi Agustina( Mahasiswa Prodi MKS Febi IAIN Langsa)

Infoacehtimur.com - Pada saat ini sesungguhnya para siswa dihadapkan pada persoalan bagaimana mengatasi keterbatasan waktu dan dapat membaca menulis dalam waktu yang relatif singkat, akan tetapi dapat memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya. Bagaimana dapat melakukan kegiatan membaca dan menulis secara efektif tanpa membuang-buang waktu.


Selaras dengan pernyataan tersebut, terlihat bahwa kemampuan literasi membaca  dan menulis sangatlah dibutuhkan para siswa seiring dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi di masa sekarang ini. 
Literasi membaca dan menulis dapat menjadi sarana bagi siswa dalam mengenal, memahami, dan menerapkan ilmu yang didapatkan di sekolah.

Literasi dasar, termasuk lilterasi membaca dan menulis sudah selayaknya perlu ditanamkan sejak pendidikan usia dini, dan literasi dalam membaca dan menulis ini telah diterapkan di PAUD Islami Al Hidayah Gampong Teungoh, hal tersebut dilakukan supaya para siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam upaya mengakses informasi ataupun ilmu pengetahuan.


Literasi akan mengantarkan para siswa untuk memahami suatu pesan. Pentingnya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan dan kemampuan peserta didik untuk memahami informasi secara analitiss, kritis, dan reflektif.

PAUD Islami Al Hidayah Gampong Teungoh yaitu  salah satu wadah yang bergerak dibidang pendidikan yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kembali minat baca dan menulis melalui media gambar anak-anak tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya, agama, adat istiadat, tingkat pendidikan dan lain sebagainya.

Di era seperti sekarang ini, internet tidak asing lagi bagi masyarakat terutama anak-anak, misalnya anak-anak sekarang lebih memilih untukbermain gadget mereka dari pada membaca dan menulis.


terlebih lagi, selama masa pendemi covid-19 pemerintah telah menetapkan kebijakan belajar dari rumah yang membuat kegiatan belajar menjadi tidak efektif.

PAUD Islami Al Hidayah Gampong Teungoh ini melakukan kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah selama pandemi covid-19 seperti memperhatikan kebersihan salah stunya dengan mencuci tangan, dan menerapkan sistem jaga jarak selama kegiatan.

Melihat kondisi tersebut, kami mahasiswa kpm IAIN Llangsa mengambil peran untuk meningkatkan anak-anak dalam belajar dan menumbuhkan rasa gemar membaca dan menulis melalui media gambar. Tidak dapat di pungkiri bahwa kita sebagai pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan pendidikan di indinesia.


Kita dapat melakukan peran kita melalui berbagai hal, salah satunya dengan membentuk suatu komunitas bagi orang lainseperti komunitas membaca dan menulis melalui media gambar yang berkontribusi dalam menumbuhkan rasa gemar membaca dan menulis pada anak-anak gampong teungoh. Berawal dari hal sederhana, namun bermanfaat bagi anak-anak.

Membaca dan menulis memberi banyak manfaat untuk perkembangan otak anak, karena kegiatan tersebut mentimulasi hubungan antara sel saraf dalam otak untuk menghantarkan informasi.

Selain Itu Beberapa Manfaat Lainya Untuk Anak Kemampuan Bahasa.

Kemampuan bahasa merupakan salah satudari empat aspek perkembangan anak, membaca padat memperluas kosa kata bahasa yang baik, sehingga itu dapat membangun kemampuan komunikasi verbal dan tertulis anak.

Kreativitas

Membaca buku cerita yang sertai gambaran dan anekawarna akan menstimulasi kreativitas dan imajinasi  anak.

Minat baca  dapat dijadikan media bagi anak-anak untuk mengenal lebih jauh manfaat dari membaca dan menunjuka kepada mereka bahwa membaca itu menyenangka dan dapat menambah ilmu pengetahuan, karena membaca dapat membuka jendela dunia. 

dengan membaca anak-anak akan memperoleh efek positif pada perkembangan mereka, untuk anak usia dini yang belum bisa membaca.

Kebiasaa membaca dan menulis pada anak tentu tidak dimulai disekolah, melaikan dilingkungan rumah, karena lingkunga rumah adalah sekolah pertama anak, rumah adalah tempat mereka menerimapola dari suatu yang bisa mereka kerjakan yang dilakukan secara berulang.dan oarang tua adalah guru yang memberi pola tersebut untuk pertama kalinya. Jika orang tua sangat aktif dan denga gembira manjaga anak untuk memulai kebiasaan membaca dan menulis, tentu anak juga bersemangat dalam memulai hal tersebut.


Salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Media merupakan suatu alat atau sarana yang berfungsi sebagai perantara atau saluran, atau jembatan, dalam kegiatan komunikasi, antara komunikator (penyampai pesan) dan komunikan (penerima pesan) untuk menyampaikan informasi dalam situasi belajar mengajar. 

Gambar merupakan suatu bentuk tiruan barang yang dibuat dengan goresan pensil pada kertas dan sebagainya. Disamping sebagai sistem pengantar, terutama dalam kegiatan belajar-mengajar media merupakan peralatan atau sarana fisik yang digunakan untuk memudahkan proses penyampaian informasi.


Fakta yang terjadi di PAUD Islami Al Hidayah Gampong Teungoh belum semua anak dapat membaca dengan lancar dan menulis dengan benar, ada anak yang belum mengenal huruf, ada anak belum bisa menceritakan setelah melihat gambar yang ditunjukan guru, oleh karena itu kemampuan literasi anak perlu ditingkatkan.

Pada pelaksanaan pembelajaran melalui metode gambar dalam meningkatkan  literasi membaca dan menulis, pada saat pembelajan pada sentra persiapan dan dimulai dari kegiatan pembukaan berupa baris berbaris di halaman lalu masuk kelas untuk kegiatan berdoa, bernyanyi, bercerita kemudian setelah itu anak-anak dipersilahkan masuk sentra sesuai jadwal masing-masing kelas.

Setelah didalam sentra guru memulai dengan bertanya tentang kondisi anak, hari tanggal bulan tahun, lalu dilanjutkan dengan absen, setelah itu guru mulai mengenalkan kegiatan yang akan dilakukan, salah satu nya yaitu media gambar sebagai bahan pembelajaran.

Saat kegiatan dimulai, anak diberikan kesempatan untuk memilih gambar yang diambil sendiri oleh anak, lalu anak akan mencoba menebak dan bercerita gambar apa yang anak ambil dan membaca tulisan yang ada digambar tersebut.


Beberapa anak sudah berhasil melakukan kegiatan tersebut, namun ada juga anak yang belum berhasil melakukan kegiatan tersebut. Ada anak yang berhasil menebak gambar tetapi belum bisa membaca tulisan yang ada di gambar, ada anak yang sudah berhasil menebak gambar dan membaca tulisan yang ada di gambar.

Penggunaan media gambar sebagai pembelajaran sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan anak.

Penggunaan media gambar di PAUD Islami Al Hidayah Gampong Teungoh dapat disimpulkan bahwa sebagian anak sudah berkembang sesuai harapan, pada kemampuan literasi dalam hal keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar.

Akan tetapi masih adanya kelemahan yang menjadi hambatan saat kegiatan pembelajaran yaitu kurang nya bahan (gambar) sehingga menghambat kegiatan pembelajaran.(*)