Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mengisi Ramadhan Dengan Mempelajari Al Quran. Berikut Ringkasan Topik Belajar Ilmu Tajwid. (part 2)


Baca juga bagiam sebelumnya:

Mengisi Ramdhan Dengan Mempelajari Al Quran. Berikut Ringkasan Topik Belajar Ilmu Tajwid. (part 1)

Infoacehtimur.com mencoba merangkum tahapan pembelajaran Ilmu Tawjid (secara ringkas) untuk diketahui ataupun “di ulang kaji” supaya ibadah puasa dibulan ramadhan turut diisi dengan kegiatan (sekurang-kurangnya) mempelajari tata cara baca Al-Qur’an.

Ikhtisar rangkuman tersebut adalah sebagai berikut:

Hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin ( ⸗ )

Merupakan hukum bacaan untuk huruf hijaiyyah yang terdapat/bertemu nun mati atau tanwin. Hukum bacaan Nun Mati atau Tanwin terbagi dalam 4 (empat) jenis yakni :

a. Izhar

b. Idgom: Idgham Bi Ghunnah dan Bi La Ghunnah

c. Iqlab

d. Ikhfa

Hukum bacaan Mim Mati


Merupakan hukum bacaan untuk setiap huruf hijaiyyah yang bertemu Mim Mati. Hukum bacaan Mim Mati terbagi dalam 3 (tiga) pembagian, yaitu :

a. Izhar Syafawi

b. Ikhfa Syafawi

c. Idgham Mimii

Hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid

Hukum bacaan mim dan nun tasydid disebut juga dgn wajib al-ghunnah dimana pembaca harus membacakan kata terkait dengan cara mendengungkan bacaan.

Hukum bacaan Alif Lam Ma’rifah


Merupakan hukum bacaan (melanjutkan bacaan) pada kata yang ditambahkan Alif Lam. Hukum untuk pemcaan pada kata yang demikian dibagi dalam 2 kategori yaitu:

a. Alif Lam Syamsyiah

b. Alif Lam Qamariah

Hukum bacaan Idgham

Idgham adalah hukum bacaan atas berpadu atau bercampur antara dua huruf atau memasukkan satu huruf ke dalam huruf yg lain. Dalam ilmu tajwid terdapat 3 jenis Idgham yaitu:


a. Idgham Mutajannisain

b. Idgham Mutamasilain

c. Idgham Mutaqaribain

Hukum bacaan ra’

Hukum bacaan tentang membunyikan huruf ra’ di dalam bacaan. Terdapat tiga cara yaitu bacaan kasar atau tebal, halus atau tipis, atau keduanya yaitu bacaan harus dikasarkan namun juga ditipiskan

Hukum bacaan Mad


Mad mempunyai arti yaitu melanjutkan atau melebihkan. Dari segi istilah Ulama tajwid dan ahli bacaan, mad bermakna memanjangkan suara dengan lanjutan menurut kedudukan salah satu dari huruf mad.

Hukum bacaan Qalqalah

Qalqalah ialah bacaan pada huruf-huruf hijaiyah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau juga memantul. Dan Qalqalah terbagi menjadi dua jenis yaitu

a. Qalqalah Kubra

b. Qalqalah Sughra


sebagai informasi, terdapat lima huruf untuk ketentuan bacaan qalqalah yaitu diantaranya huruf qaf (ق), tha (ط), ba’ (ب), jim (ج), dan huruf dal (د).

Hukum bacaan Waqaf

Waqaf memiliki arti menghentikan bacaan sejenak dengan memutuskan suara pada akhir perkataan untuk bernapas dengan niat untuk menyambungkan kembali bacaan. Secara bahasa, Waqaf berarti berhenti atau menahan.

Jenis waqaf ialah sebagai berikut:


a. Waqaf Taam

b. Waqaf Hasan

c. Waqaf Kafi

d. Waqaf Qabiih.


Demikian rangkuman ilmu tajwid yang diringkas sebagai bahan pendukung untuk pelajar dan bahan pengingat untuk yang mengkaji kembali.

Terakhir, "Terapkanlah proses belajar yang didampingi oleh Guru atau pengajar. Karena, menyimpulkan secara pribadi untuk ilmu yang dipelajari atas keinginan sendiri adalah memperlebar kesempatan bagi syaitan untuk menyalahkan pemahaman”. -Rika Andriani