Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Paud Bandrong Tetap Eksis Selama Pandemi Covid 19

Penulis: Marhaban Jaddal Husaini, mahasiswa IAIN Langsa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah 


Selama terjadinya wabah pandemi Covid 19, Pemerintah memutuskan agar semua siswa mulai jenjang paud sampai perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran dari rumah masing-masing.


Kebijakan ini membuat para guru, termasuk di jenjang paud, untuk segera beradaptasi. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah secara tatap muka, kini harus secara jarak jauh dengan mempergunakan teknologi komunikasi.

Tidak sedikit guru paud yang kebingungan. Akhirnya dengan cara sederhana dan minimalis, guru hanya memberi tugas tertulis kepada orangtua untuk dilakukan kepada anak melalui pesan grup WhatsApp (WA).

Aktivitas baru ini membuat para guru paud harus memiliki kecakapan mengoperasikan teknologi, merancang pembelajaran jarak jauh yang tepat dan menyenangkan.


Bagi lembaga satuan paud yang jauh sebelum pandemi covid 19 telah memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran tidak kaget dengan situasi saat ini.

Guru paud tersebut dengan mudah memberikan pelajaran menggunakan teknologi. Namun berbeda dengan lembaga satuan paud yang jauh dari kata teknologi semisalnya paud yang ada di desa-desa.

Contohnya saja seperti paud yang ada di Gampong Bandrong dengan nama “Paud Bandrong” yang sama sekali tidak menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar.

Para guru di Paud Bandrong mengajarkan anak-anak dengan sistem manual seperti memperlihatkan abjad dari passel dan memberikan buku belajar menulis masing-masing anak untuk langsung belajar di buku tersebut.


Guru yang mengajar di paud bandrong sangat berpengalaman dalam bidang mengatasi anak-anak karena dipilih oleh desa langsung dari lulusan bidang studi semasa di perguruan tinggi khusus menangani anak-anak.

Paud Bandrong tidak mengalami pengurangan anak-anak dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Paud Bandrong juga tetap eksis belajar mengajar meski musim pandemi belum berakhir.

Karena pada dasarnya guru paud selalu memperingati anak-anak dan orang tua dari anak paud tersebut untuk menaati protokol kesehatan yang diperintahkan oleh pemerintah dan senantiasa menghimbau anak-anak serta orang tua nya untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh tidak mudah diserang wabah penyakit terutama wabah covid 19 yang selama beberapa bulan terakhir sedang merajalela.


Di Paud Bandrong guru selalu mengajak anak-anak belajar membuat karya dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak dipakai dirumah. Misalnya membuat karya menanam tanaman dan sayuran di rumah.

Mulai dari membuat pot dari botol plastik, mengisi tanah, menanam benih, merawat tanaman, hingga tumbuh subur. Tentu kegiatan semacam ini didampingi oleh orang tua masing-masing.