Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Selain BRI, 4 Bank Ini Juga Pamit dari Aceh

 


INFOACEHTIMUR.COM – Pekan lalu, ramai pemberitaan mengenai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang bakal segera mengalihkan operasional mereka di Provinsi Aceh.

Hal itu karena tenggat waktu penerapan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 yang kian dekat. Aturan itu mengharuskan setiap lembaga keuangan di Serambi Mekah untuk menerapkan prinsip syariah.

Lembaga keuangan pun diberi waktu tiga tahun untuk melakukan transisi sejak aturan tersebut diundangkan. Artinya, mereka masih memiliki waktu hingga awal tahun 2022 mendatang.

Selain BRI, beberapa bank lain pun telah melakukan transisi dan menutup operasional mereka di Aceh. Bank-bank tersebut yakni:

1. CIMB Niaga

CIMB Niaga sudah lebih dahulu pamit dari Aceh dibanding BRI. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, kantor cabang bank tersebut telah menjadi kantor cabang syariah sejak tahun 2019. Secara keseluruhan, ada dua kantor cabang yang dimiliki oleh CIMB Niaga di Aceh. Keduanya berlokasi di Aceh dan di Lhoksumawe.

"Cabang kami di Aceh sudah menjadi Cabang Syariah sejak 2019. Jadi tidak perlu lagi konversi dan beroperasi penuh cabang Syariah," ujar Lani kepada Kompas.com, Minggu (19/4/2021).

2. BNI

Bank pelat merah lain yang juga segera pamit dari Aceh adalah BNI. Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menjelaskan, saat ini sudah ada 26 kantor cabang konvensional yang telah diubah menjadi kantor cabang pembantu Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Dengan demikian, kantor konvensional BNI di Aceh saat ini tinggal enam cabang konvensional," ujar Adi kepada Kompas.com.

Proses transisi yang dilakukan oleh BNI pun dilakukan secara bertahap. Adi mengatakan, untuk bulan April ini rencananya akan ada empat kantor cabang lagi yang akan dikonversi menjadi kantor cabang BSI.

Sementara dua kantor cabang lain bakal ditutup hingga akhir tahun.

3. Bank Mandiri

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, perusahaannya juga telah mengalihkan sebagian besar asetnya di Provinsi Aceh kepada BSI.

Kepada Kompas.com ia mengatakan, hingga Maret 2021, sebanyak 34 kantor cabang dari total 47 cabang Bank Mandiri di Aceh telah dialihoperasionalkan ke BSI.

"Kami optimis dapat menyelesaikan pengalihoperasionalan seluruh cabang Bank Mandiri ke BSI sebelum tahun ini berakhir," ujar dia.

4. Bank Panin

Berbeda dengan bank lain yang memutuskan untuk mengalihkan bisnis ke bisnis syariah, Bank Panin memilih untuk betul-betul pamit dari Aceh.

Dikutip dari Kontan.co.id, Bank Panin memutuskan untuk menutup secara keseluruhan operasional lini bisnis mereka di Aceh.

Presiden Direktur Bank Panin Herwidayatmo pun menjelaskan, penutupan tersebut sejatinya sudah dipertimbangkan perseroan secara matang. Sebab, hanya ada satu Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Panin di Aceh.

Meski perusahaan memiliki anak usaha di bidang perbankan syariah, yakni PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (PNBS), namun pihaknya memilih untuk melakukan pengembangan anak usaha melalui optimalisasi teknologi. Rencananya, penutupan operasional Bank Panin di Aceh dilakukan di Juni 2021 ini.



Source : Kompas