Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Syarifah Rahmatillah Mitra Perempuan Indonesia (MISPI) Kartini Adalah Simbul Perlawanan Yang Etis


Kartini atau nama lengkapnya Raden Ajeng kartini Djojo Adhiningrat adalah salah satu tokoh emansipasi wanita indonesia . Perempuan asal jepara ini dikenal sebagai tokoh pelopor kebangkitan perempuan pribumi indonesia . 

21 April adalah hari dimana di peringatkan hari kartini seluruh indonesia. Setiap tahun kita memeperingati hari lahirnya

Perempuan yang dikenang jasanya lewat ide, pemikirannya dan gagasannya mengenai emansipasi perempuan indonesia. ini menjadi topik menarik setiap tahunnya apalagi ketika melihat konteks peran kartini dengan perempuan masa kini dalam menghadapi industri modern khususnya perempuan di Aceh.

Rabu, 21 April 2021 Tim Infoacehtimur.com mencoba menghubungi salah satu aktivis perempuan Aceh yang juga merupakan ketua Mitra Perempuan Indonesia (MISPI) Aceh Syarifah Rahmatillah.

Dalam paparannya ia mengatakan " Setiap tahun suasana akan berubah dari masa kemasa dalam hal memeperingati hari lahirnya kartini, yang perlu di ingat kartini adalah simbul perlawanan yang etis". 

Menurutnya, setiap perempuan akan mengalami perebuhan dalam hal apapaun baik dalam hal pemikiran maupun tindakan. Namun yang harus diperhatikan adalah kenetralan atau kesabaran dalam melakukan sesuatu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. 

Meskipun Kartini bukan Pahlawan yang berdarah Aceh, Tidak salahnya kita belajar dari seorang RA kartini dalam memepejuangkan hak perempuan. Ujarnya

"Begitu pula dalam konteks perempuan Aceh, tetap jadilah diri sendiri dalam mencapai tujuan masing masing supaya apa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diharapakan. Imbuh Syarifah