Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ustaz Abdul Somad Tercatat Resmi Bercerai Awal 2021

Kepala KUA Peterongan Jombang (Foto file: Enggran Eko Budianto/detikcom)


INFOACEHTIMUR.COM – Ustaz Abdul Somad (UAS) ternyata baru resmi bercerai dari istri pertamanya 12 Januari 2021. Meski begitu, ulama berdarah melayu itu sudah memenuhi syarat untuk menikah lagi.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Peterongan Abd Ghofur mengatakan, Ustaz Abdul Somad baru resmi bercerai dengan Mellya Juniarti 12 Januari 2021. Itu berdasarkan akta cerai Ustaz Abdul Somad yang diterima KUA Peterongan.

Akta cerai menjadi salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi Ustaz Abdul Somad untuk melangsungkan pernikahannya di Jombang. Seperti diketahui, ulama berdarah melayu itu akan menikah dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud (19), warga Perumahan Kepuh Permai Blok D4, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan.

"Berdasarkan akta cerai dari Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, Ustaz Abdul Somad resmi bercerai 12 Januari 2021," kata Ghofur kepada detikcom di kantornya, Jalan Brawijaya nomor 88, Kecamatan Peterongan, Senin (26/4/2021).

Mengulik akta cerai tersebut, lanjut Ghofur, Ustaz Abdul Somad menikah dengan Mellya Juniarti pada 2012. Pasangan ini lantas mengajukan cerai pada 2019. Namun, perkara mereka baru mempunyai kekuatan hukum tetap awal tahun ini.

"Tahun 2019 mengajukan cerai, sampai 2020 belum juga clear, baru clear-nya 12 Januari 2021. Kami tidak tahu kenapa kok lama. Biasanya kalau mengajukan cerai 2019, putusan juga 2019," terangnya.

Ghofur memastikan, masa iddah mantan istri Ustaz Abdul Somad telah berlalu. Masa iddah adalah masa seorang istri harus menahan diri dari menikahi laki-laki lain. Menurut dia, masa iddah terhitung 100 hari sejak bercerai.

"Masa iddah tiga kali suci dari menstruasi. Amannya 100 hari karena orang menstruasi tidak menentu," cetusnya.

Oleh sebab itu, tidak ada lagi peluang bagi Mellya Juniarti untuk meminta rujuk dengan Ustaz Abdul Somad. Ustaz kelahiran Kabupaten Asahan, Sumut 18 Mei 1977 itu lebih leluasa untuk menikah dengan perempuan lain.

"Iddahnya sudah habis dari mantan istri Ustaz Abdul Somad. Sehingga betul-betul sudah sah untuk menikah lagi. Kalau istrinya masih masa iddah, masih ada kesempatan untuk rujuk. Seumpama belum 100 hari, dia (Ustaz Abdul Somad) harus membuat surat pernyataan bahwa tidak akan rujuk. Karena laki-laki kan tidak ada iddah," jelas Ghofur.

Pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah didaftarkan Modin Desa Kepuhkembeng ke KUA Peterongan pada 6 April 2021. KUA mencatat rencana akad nikah mereka akan digelar 17 Mei bulan depan.

Karena sudah mendekati hari akad nikah, KUA Peterongan sedianya menggelar rapak hari ini. Namun, Ustaz Abdul Somad, Fatimah maupun Salim sebagai wali dari Fatimah berhalangan hadir. KUA masih menunggu kedatangan mereka untuk rapak sehingga waktu dan tempat akad nikah, serta mas kawin belum bisa dipastikan.

Pernikahan Ustaz Abdul Somad dengan Fatimah tidak memandang usia. Karena ulama berdarah melayu itu 24 tahun lebih tua dari calon istrinya. Usia Fatimah baru genap 20 tahun pada 1 Oktober nanti.

Fatimah Az Zahra merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara pasangan Salim Sholeh Barabud (52) dan Bibi Kulsum (52). Gadis berparas cantik ini santri penghafal Al Qur'an di Ponpes Al-Muqoddasah Ponorogo.

Sementara Ustaz Abdul Somad kini berusia 44 tahun. Duda anak satu itu menyandang gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara.

Ia tercatat sebagai warga Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau. Pemilik nama Abdul Somad Batubara ini lulusan Universitas Al-Azhar-Mesir, Dar El Hadith El Hassania-Kerajaan Maroko, serta Universitas Islam Omdurman-Sudan.




Source | Detikcom