Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Waled Husaini Usulkan Pulo Aceh Jadi Lapas ‘Nusakambangan’ Khusus Narkoba, Begini Alasannya




Infoacehtimur.com / Aceh Besar -Wakil Bupati (Wabup) Aceh Besar, Tgk Husaini A Wahab atau akrab disapa Waled Husainimengusulkan kepada Pemerintah Aceh untuk menjadikan Pulo Aceh menjadi tempat rehabilitasi terhadap orang-orang yang melakukan penyalahgunaan narkoba di Aceh.

"Saya usulkan Pulo Aceh dijadikan Lapas‘Nusakambangan’ terhadap orang-orang yang mengonsumsi narkoba di Aceh," ujar Wabup Aceh Besar, Tgk Husaini A Wahab kepada Serambinews.com, Minggu (25/4/2021).

Terang Wabup Aceh Besar, Pulo Aceh cocok dijadikan tempat pembinaan terhadap orang yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

“Namun, di sini perlu anggaran yang besar untuk membangun tempat pembinaan bagi masyarakat yang kecanduan narkoba di Aceh, khususnya di Aceh Besar,” ujarWaled Husaini.

“Kalau andalkan anggaran dari Pemkab Aceh Besar, tentunya tidak mampu membangun tempat pembinaan atau Lapas di Pulo Aceh,” urai dia.

“Kita paling bisa menyediakan lokasi (tanah), sedangkan bangunan permanen dari Pemerintah Aceh maupun pemerintah pusat,” paparnya.

Menurut Waled Husaini, beberapa waktu yang lalu, pihaknya telah menemui Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh untuk meminta dibangun tempat pembinaan khusus narkoba di Pulo Aceh.

“Dan, mereka setuju rencana itu. Namun untuk pembangunan membutuhkan anggaran puluhan miliar dan ini cukup besar yang perlu melibatkan Gubernur Aceh, Bupati Aceh Besar, dan pihak terkait lainnya,” ungkap Wabup.

Lanjut Waled Husaini, selama ini para tersangka penyalahgunaan narkoba ketika ditangkap diberikan pembinaan di Lapas.

Ironisnya, tukas Waled Husaini, ketika keluar dari Lapas, mereka kembali melakukan hal yang sama.

"Makanya, perlu ada tempat seperti pengasingan di Pulo Aceh semisal Lapas  Nusakambanganyang ada di Jawa Tengah,” ulasnya.

"Mereka yang terlibat penyalahgunaan narkoba dimasukkan ke Pulo Aceh.

Di sana nantinya, mereka akan dibina dan ditempa akhlak serta keimanannya agar melaksanakan shalat lima waktu dan memperdalam ilmu agama Islam," tutur Tgk Husain A Wahab.

Di sisi lain, Wabup memaparkan, saat ini Aceh telah darurat narkoba dan (Bersambung)

Foto : Ilustrasi