Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Doa Malam Lailatul Qadar: Bacaan Latin dan Artinya

Doa malam lailatul qadar - Ilustrasi berdoa (Unsplash)



Infoacehtimur.com / Lifestyle - Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang ditunggu setiap umat muslim ketika bulan Ramadhan. Agar ibadah bulan puasa kalian semakin sempurna jangan lupa membaca doa malam lailatul qadar.

Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Meski begitu, waktu pasti datangnya malam Lailatul Qadar tidak dapat diketahui oleh siapapun. Allah SWT telah merahasikan waktu datangnya malam malam Lailatul Qadar agar umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan.

Umat muslim dapat mengetahui tanda-tanda kedatangan malam Lailatul Qadar seperti yang telah diriwayatkan Ibnu Abbas, "Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda tentang (tanda-tanda) Lailatul Qadar (yaitu) malam yang mudah, indah, tidak (berhawa) panas atau dingin, matahari terbit (pada pagi harinya) dengan cahaya kemerahan (tidak terik).” (H.R. Bukhari).

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadar ini. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang mustajab bagi siapapun yang berdoa agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW selalu memperbanyak doa malam Lailatul Qadar. Diriwayatkan dari Aisyah yang pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW apa yang harus dikatakan dalam melakukan doa jika bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Beliau kemudian menjawabnya dengan doa malam Lailatul Qadar sebagai berikut.

“Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni”

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku.". (HR. at-Tirmidzi).

Selain doa yang dipanjatkan Nabi Muhammad SAW, terdapat berbagai penggalan ayat Al-Quran sebagai doa malam Lailatul Qadar, antara lain.

“Qala rabbi inn a'uzu bika an as`alaka ma laisa li bihi 'ilm, wa illa tagfir li wa tar-hamni akum minal-khasirin”

Artinya: “Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS : Hud : 47)

“Wa qur rabbi adkhilni mudkhala sidqiw wa akhrijni mukhraja sidqiw waj'al l mil ladungka sultanan nasira”

Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80)

“Rabbana atina fiddunya hasanah, Wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar.”

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka.

Seperti itulah doa malam lailatul qadar lengkap dengan bacaan latin dan artinya.


Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat
Artikel : Suara.com