Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pelaksanaan Vaksinasi Lansia di Aceh Baru 1 Persen

Petugas medis Pusat Kesehatan Masyarakat Kopelma Darussalam memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada warga di Banda Aceh, Sabtu (22/5/2021). Foto: Antara


INFOACEHTIMUR.COM – Pelaksanaan program vaksinasi terhadap kalangan lanjut usia (lansia) tahap pertama di Provinsi masih jauh dari target. Baru 4.317 dari 435.651 lansia yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 atau 1 persen.

“Sedangkan lansia yang telah menuntaskan vaksinasi dosis kedua sebanyak 2.567 orang atau sekitar 0,6 persen,” kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani, Senin (24/5/2021).

Dia mengakui, pelaksanaan vaksinasi terhadap kalangan lansia di Aceh bergerak sangat lamban. Satgas terus mendorong agar vaksinasi lansia menjadi prioritas di tingkat kabupaten, sebab kelompok lansia masuk dalam kategori berisiko.

“Vaksinasi Covid-19 bagi kalangan lansia umur di atas 60 tahun terbilang bergerak lamban di Aceh. Bahkan nihil vaksinasi lansia dalam laporan terakhir Dinas Kesehatan kabupaten/kota,” ujarnya.

Selain lansia, pelaksanaan vaksinasi terhadap petugas pelayanan publik di Aceh juga rendah. Dari target vaksinasi bagi pelayan publik mencapai 478.489 orang, namun yang sudah memperoleh dosis pertama baru 63.346 orang atau 13,2 persen, sedangkan 48.313 orang telah mendapatkan dosis kedua.

Petugas pelayan publik setiap hari berinteraksi dengan individu atau kelompok masyarakat, dan memiliki risiko tinggi untuk tertular dan menularkan virus corona tipe baru tersebut. Karenanya, ia mengatakan memotivasi petugas publik untuk vaksinasi Covid-19 memiliki peran strategis memutuskan penularan virus tersebut di masyarakat.

“Kelompok risiko tinggi harus menjadi prioritas dalam penanganan penyakit menular untuk melokalisir penyebaran penyakit dan memperkecil risiko kematian,” katanya.(**)




Source | iNewsAceh