Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Presiden Erdogan Ajak Seluruh Negara Islam Lawan Israel

Presiden Turki Tayyip Erdogan (kanan) menghadiri salat Jumat di Masjid Agung Hagia Sophia, di Istanbul, Turki, 24 Juli 2020. Masjid yang sempat menjadi museum selama 86 tahun ini, kini kembali menjadi tempat ibadah bagi kaum Muslim. Murat Cetinmuhurdar/PPO / Handout via REUTERS



INFOACEHTIMUR.COM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdoan mengutuk serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa Yerusalem pada Sabtu kemarin di saat Ramadan. Ia pun mengungkapkan solidaritas dengan warga Palestina.

"Kami mengutuk keras serangan keji Israel terhadap kiblat pertama kami #AlAqsaMosque, yang sayangnya dilakukan setiap Ramadan," kata Erdogan di Twitter dikutip dari Daily Sabah, Ahad, 9 Mei 2021.

Erdogan menjelaskan Turki akan terus mendukung warga Palestina, yang ia anggap sebagai saudara, dalam keadaan apapun. "Israel, negara yang kejam dan teroris, menyerang muslim yang tidak memiliki tujuan selain untuk melindungi rumah leluhur mereka," katanya.

Erdogan mengajak muslim di seluruh dunia dan semua negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam untuk melawan penindasan Israel atas Palestina. "Saya mengajak seluruh dunia, terutama negara-negara Islam, untuk mengambil tindakan efektif melawan serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, dan rumah-rumah Palestina," cuitnya.

Polisi Israel menembakkan peluru karet, gas air mata, dan granat kejut untuk membubarkan jemaah Palestina yang sedang salat di Masjid Al-Aqsa. Serangan ini melukai 205 warga Palestina dan 17 petugas polisi.

Ketegangan di Yerusalem meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena warga Palestina memprotes pembatasan akses Israel ke beberapa bagian Kota Tua selama bulan suci Ramadan. Selain itu beberapa pihak berwenang memerintahkan beberapa keluarga Palestina meninggalkan rumah mereka untuk memberi jalan bagi pemukim Israel. (**)




Sumber : TEMPO