Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rocky Minta Dukungan Media Untuk Pantau Kinerja Kepala Desa di Aceh Timur

Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib SH. (Foto: Diskominfo Aceh Timur)

Infoacehtimur.com / Idi Rayeuk - 
Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib SH mengintruksikan kepada jajarannya untuk membuat Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di sejumlah Desa dan Kecamatan yang ada di Aceh Timur.

Bahkan Posko untuk tingkat Kabupaten rencananya juga akan dibuat sebagai langkah cepat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kepada para wartawan dan media, Rocky sapaan akrab H. Hasballah ini turut meminta dukungan untuk memantau Kepala Desa (Keuchik) bagaimana kinerjanya dilapangan saat kondisi daerah yang sedang dilanda pandemi ini.

"Kepada teman-teman media baik cetak, elektronik maupun media online, mohon dukungannya untuk memantau kinerja kepala desa, bagaimana hasilnya dilapangan, kita minta kepala desa tidak main-main, kalau main-main silahkan diinformasikan di media," pinta Rocky disela-sela rapat sebelum memantau Posko PPKM Mikro disejumlah Gampong dalam Kabupaten Aceh Timur, Kamis (6/5/2021).

Terkait dengan kenaikan jumlah kasus Corona yang kian melonjak naik menjelang Idul Fitri, Bupati Aceh Timur ini juga meminta kepada masyarakat agar tidak mudik lebaran, termasuk akan membatasi kerumunan warga saat malam di warung-warung kopi. Upaya ini dilakukan agar warga di Aceh Timur terhindar dari wabah penyakit Corona, sehingga akan dapat menekan angka lonjakan penyebaran virus menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Bupati Rocky menambahkan, selanjutnya Satuan Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur juga akan membentuk dan membagi Kelompok Kerja (Pokja) untuk mengawasi  PPKM Mikro. Termasuk mengawasi para pemudik ataupun pendatang.

"Kita bukan untuk tangkap dan hukum mereka, minimal mereka tidak langsung ke keluarganya, malah kita untk menjaga mereka, dan kita juga menjaga agar penyebaran Virus Corona tidak meluas," tegas Rocky. 

Begitupun jika ada warga yang positif mengidap Covid-19, Pemerintah Aceh Timur tambah Rocky telah siap untuk memberikan perawatan medis jika terdapat warga yang positif Corona. "Kalau positif kita rawat, kalau dia minta isolasi dirumahnya akan kita isolasikan dan tidak boleh berkeliaran," ujarnya.

Begitupun, Bupati Rocky juga memastikan kepada para petugas tim Satgas, bahwa dalam melakukan pencegahan bukan bersifat anarkis lebih kepada upaya sosialisasi.

"Sifatnya kita melakukan sosialisasi. Dengan niat ikhlas dan tulus kita kerja demi kedaulatan daerah Insya Allah pasti dimudahkan oleh Allah," kata Rocky.

Sementara itu, Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H turut menyampaikan, dengan mengalami peningkatan penambahan maka di Aceh ini juga sudah diterapkan PPKM Mikro.

"Mulai hari ini sudah ada penjagaan ketat, H-2 atau H-3 biasanya mengalami kelonjakan pemudik. Semua PMI (Pekerja Migran Indonesia) akan diawasi dan mengantisipasi 24 jam, kalau bisa kita juga membuat pos gabungan dibeberapa titik," ujar Kapolres Aceh Timur Eko Widiantoro.

Pentingnya pemberlakuan PPKM Mikro ini juga turut disampaikan 
Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar SSos MTr (Han) pada kegiatan ini. "Kenapa harus dibatasi, karena faktanya ditempat kita ini mengalami kenaikan signifikan," Sebut Letkol Czi Hasanul Arifin.

Ia juga mencontohkan lonjakan kenaikan kasua Covid menjelang hari raya. Tahun lalu, kasus kenaikan bisa mencapai 98 persen mengalami kenaikan, sebut Dandim.k 

"Sebelum berangkat Shalat Idul Fitri semua harus mnggunakan masker, kita harus tegas dari pada semua masyarakat kita nanti berdampak. Para Keuchik dan Camat bisa memonitor semua agar upaya ini bisa terlaksanakan. Dan mudah-mudahan bisa kembali ke zona hijau," harap Dandim 0104/Aceh Timur.***

Penulis Redaksi
Rubrik Info Pemkab Aceh Timur
Sumber Diskominfo Aceh Timur