Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Maraknya Penipuan Struk Palsu di Aceh, Ini Tips Cara Tidak Tertipu Oleh Struk Palsu

ilustrasi Struk Palsu


Oleh Ilham Pranata*

SEIRING Perkembangan teknologi saat ini, tak bisa kita pungkiri jika kemudahan dan kesulitan pun datang beriringan. Meski kita termudahkan dalam beraktivitas tapi kejahatan pun kian mudah dilakukan, salah satunya modus penipuan struk ATM palsu. 

Terutama di Aceh, jadi setelah maraknya Modus penipuan online di Aceh, kita merilis tips cara agar kamu tidak jadi korban penipuan Struk Palsu. Sekarang lagi hebohnya “Struk Palsu” loh. 

Salah satunya korban yang terkena tipu oleh struk palsu yakni cutbul, Cutbul? Pastinya kenal dengan Selebgram yang begitu heboh di Aceh. Dirinya aja kebingungan kok bisa kena tipu dengan struk palsu.

Nah bagi para JB atau Jual Beli harus baca tips ini agar nanti kamu tidak jadi korban selanjutnya. Merugi dong usaha nya kalau di Ripper mulu. Eh Ripper itu istilah bahasa kerennya “Penipuan”. 


Untuk itu, agar kamu dan kita bisa terhindar dari penipuan struk ATM palsu, kami akan memberikan tipsnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Penipuan Struk ATM Palsu

Modus penipuan struk ATM palsu ini kerap terjadi saat melakukan transaksi jual beli online, yakni ketika penjual meminta bukti pembayaran apabila calon pembeli telah mentransfer sejumlah uang seharga barang atau produk yang dibeli karena struk ATM juga merupakan bukti transaksi. Dan pelaku penipuan dengan modus ini akan mengirimkan struk ATM palsu kepada penjual.

Untuk mengetahui sebuah struk ATM palsu atau tidak, sebenarnya tidaklah sulit karena ada beberapa cara untuk mengetahuinya. 

Namun sayangnya, masih banyak penjual khususnya yang menggunakan metode online shop tertipu dengan struk ATM palsu ini.

Tips Terhindar Dari Penipuan Struk ATM Palsu
Agar kita bisa terhindar dari penipuan struk ATM palsu, maka ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dan tips berikut merupakan tips yang jika bank tujuan atau sarana transaksinya adalah BCA. Berikut beberapa antaranya adalah:

• Ajukan SMS Notifikasi Transaksi ke CSO BCA terdekat. Karena dengan SMS notifikasi ini, semua transaksi yang terjadi akan pada rekening kamu akan diinformasikan oleh pihak BCA via SMS. Jadi, apabila ada bukti struk ATM tapi kamu tidak mendapatkan SMS notifikasi maka patut kamu curigai.

• Apabila kamu mendapatkan bukti transfer tapi tidak mendapatkan SMS notifikasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengonfirmasi cek saldo atau mutasi melalui berbagai fasilitas yang tersedia seperti ATM BCA, KlikBCA ataupun BCA Mobile.

• Terakhir, jika kamu menemukan bukti transaksi yang mencurigakan maka segera hubungi contact center Halo BCA baik melalui telepon 1800888, email mailto:halobca@bca.co.ic, twitter @halobca, webchat bca.co.id ataupun whatsapp halo BCA +628111500998.

Penting untuk mewaspadai segala gerak gerik modus penipuan saat ini, karena kecanggihan teknologi bisa mempermudah mereka yang hendak melakukan kejahatan yang tentunya bisa merugikan orang lain, termasuk dengan penipuan struk ATM palsu.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai tips terhindar dari penipuan struk ATM palsu yang kini kerap terjadi. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kewaspadaan kita akan sesuatu yang dapat merugikan banyak orang.(**)