Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Proyek Rp 2,9 Miliar di Aceh Timur Dikerjakan Kurang Volume, Ada Apa ?

Foto : Istimewa

Infoacehtimur.com / Ekonomi - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan proyek pengaspalan jalan penghubung Lhok Meure-Lhok Leumak, Kecamatan Darul Ihsan, Aceh Timur dikerjakan kurang volume sebesar Rp41.579.800.

BPK Perwakilan Aceh dalam Laporan Hasil Pemeriksaan-nya menyebutkan proyek jalan tersebut dikerjakan oleh PT. FJL dengan nilai kontrak sebesar Rp.2.948.752.000 dengan jangka waktu pelaksanaan selama 120 hari kalender. 


Pembayaran untuk proyek tersebut telah dilunasi 100 persen pada 21 Desember 2020 lalu. Berdasarkan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh tim BPK pada 16 Februari 2021 ditemukan kekurangan volume pekerjaan pada proyek tersebut sebesar Rp 41.579.800.

BPK menilai kekurangan volume pekerjaan tersebut terjadi karena Kepala Dinas PUPR Aceh Timur selaku pengguna anggaran kurang optimal dalam melakukan pengendalian atas kegiatan belanja modal yang menjadi tanggung jawabnya.


BPK juga menilai permasalahan tersebut terjadi tidak terlepas dari Kuasa Pengguna Anggaran, PPK, PPTK dan Pengawas Lapangan tidak cermat dalam melakukan pengendalian atau pengawasan pekerjaan fisik di lapangan sesuai tanggung jawabnya.

Atas temuan tersebut BPK merekomendasikan Bupati Aceh Timur Hasbalah M. Thaib untuk memerintahkan Kepala Dinas PUPR selaku Pengguna Anggaran supaya lebih optimal dalam melakukan pengendalian atas pelaksanaan kegiatan belanja modal yang menjadi tanggung jawabnya.


BPK juga merekomendasikan melalui Kepala Dinas PUPR untuk menginstruksikan kepada Kuasa Pengguna Anggaran, PPK, PPTK dan Pengawas Lapangan supaya lebih cermat dalam melakukan pengendalian atau pengawasan pekerjaan fisik di lapangan sesuai tanggung jawabnya.

Terakhir BPK merekomendasikan bupati agar memerintahkan Kepala Dinas PUPR selaku Pengguna Anggaran untuk mempertanggung jawabkan kelebihan pembayaran sebesar Rp 41.579.800 tersebut dan menyetorkannya ke Kas Daerah.(*)


Artikel : Ajnn.net