Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

2 Bungkus Racun Ditemukan dalam Lambung Gajah Mati Tanpa Kepala di Jamboreuhat/Keude Geureubak


Agus Setyadi - detikNews / Ilustrasi gajah (AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)




Infoacehtimur.com / Banda Alam - Seekor gajah ditemukan mati di perkebunan sawit di Aceh dengan kondisi tanpa kepala. Ada dua bungkus racun yang ditemukan dalam lambung gajah tersebut.

"Hasil di nekropsi diketahui terdapat dua bungkus plastik yang diduga racun di dalam lambung gajah. Dugaan sementara kematian gajah liar diduga akibat racun yang ditemukan di dalam saluran cerna," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto kepada wartawan, Selasa (13/7/2021).


Olah TKP dan nekropsi gajah dilakukan tim BKSDA dan polisi pada Senin (13/7). Sampel yang ditemukan pada lambung bakal dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Tim gabungan juga menemukan belalai gajah yang terletak sekitar 10 meter dari bangkai satwa dilindungi tersebut. Agus mengatakan gading gajah itu tak ditemukan.

Dia menduga gading gajah itu dipotong. Hal itu diketahui dari hasil potongan pada bagian ujung belalai yang diduga sesuai arah posisi gading. Agus menyebut gajah tersebut berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia sekitar 12 tahun.


"BKSDA Aceh akan terus berkoordinasi dengan pihak Polres Aceh Timur dan Balai Gakkum Wilayah Sumatera untuk mengetahui perkembangan proses penanganan kematian gajah liar tersebut," ujar Agus.

Sebelumnya, seekor gajah ditemukan mati di area perkebunan sawit di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur. Satwa tersebut mati dengan kondisi kepala terpotong dan hilang.


Informasi diperoleh tim dilapangan, gajah tersebut ditemukan mati oleh seorang karyawan perkebunan saat hendak memanen sawit. Dia lalu melaporkan temuan itu ke Babinsa Koramil 18/BDA dan Polsek setempat.

"Bangkai gajah itu ditemukan kemarin dan kami dapat laporannya semalam," kata Agus

Dia menduga gajah tersebut dibunuh pelaku perburuan gading. Kecurigaan itu muncul karena gajah mati dengan kondisi kepala hilang.

"Arahnya kan lebih ke perburuan. Ini kita masih menduga. Arahnya ke situ karena nggak ada kepala. Dugaan diambil gading," jelas Agus.