Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Beredar China Minta Pulau Kalimantan Untuk Jaminan Hutang? Ini Faktanya




INFOACEHTIMUR.COM – Saat ini bersliweran kabar bahwa Indonesia dibawah Pemerintah Jokowi punya i hutang yang sangat besar kepada pemerintahan China.

Bahkan dari kabar yang beredar dikatakan China berencana akan datang ke Indonesia dan meminta pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang.

Kabar tentang rencana kedatangan China ke Indonesia meminta pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang pun sontak membuat netizen bertanya tanya akan kebenaran dari informasi yang beredar tersebut.

Kabar tersebut diketahui viral setelah kanal You Tube Titik Tumpu mengunggah salah satu video bertema, "BERITA TERKINI ~ JKW MENGUNDURKAN DIRI, PULAU KALIMANTAN TERANCAM SEBAGAI JAMINAN UTANG KE CHINA?" pada Selasa 13 Juli 2021.

Dalam Thumbnail video tersebut dikatakan China akan datang ke Indonesia untuk meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan utang, hasil tangkapan layar channel You Tube Titik Tumpu.

Dalam thumbnail video itu, terlihat sejumlah kumpulan foto Presiden Jokowi bersama Presiden Xi Jinping.
"PENGUNDURAN DIRI PRESIDEN LARI DARI UTANG ??
CHINA RENCANAKAN DATANG KE INDONESIA
MINTA PULAU KALIMANTAN SEBAGAI JAMINAN," tulis narasi dalam video tersebut.

Sampai saat berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 80.000 kali.

Berdasarkan penelusuran di berbagai sumber yang layak dipercaya, kami menemui bahwa klaim yang mengatakan China akan datang ke Indonesia untuk meminta pulau Kalimantan sebagai jaminan utang adalah hoax atau berita bohong.

Dan setelah di cek faktanya adalah tidak ada informasi resmi dan valid tentang hal tersebut, dan dapat dikatakan bahwa informasi tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan.(/Pikiran-rakyat)