Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Besok Berakhir, Pelamar Guru PPPK Masih 'Minim' Padahal Seleksi Dibagi 3 Tahap.

 





Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk kebutuhan guru/tenaga didik tahun ini dibuka sejumlah 1 juta guru. Masa pendaftaran PPPKdibuka sejak 30 juni, namun hingga 25 juli diketahui pendaftar "Guru Kontrak" belum memenuhi target (1 juta orang). 


Diketahui masih banyak pendaftar yang belum menyelesaikan proses pendaftaran atau belum melakukan submit. 


BKN mengungkapkan sebagian pendaftar kemungkinan baru membuat akun, masih mengisi formulir, dan/atau unggah berkas padahal pendaftaran paling lambat yaitu Senin, 26 Juli 2021. 


"Sampai saat ini belum ada rencana perpanjangan pendaftaran," kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono saat dihubungi di Jakarta, Ahad, 25 Juli 2021. 



Mengutip Tempo.co, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap jumlah pendaftar yang telah menyelesaikan proses pendaftaran/submit hingga kemarin sejumlah 620.522. Artinya, jumlah pendaftar PPPK masih dibawah jumlah kebutuhan guru PPPK. 


Perlu diketahui, seleksi Guru PPPK diselenggarakan dalam 3 (tiga) tahap dan periode pendaftaran hanya dibuka 1 (satu) kali pendaftaran untuk 3 tahap penyeleksian. Artinya, calon guru PPPK yang tidak mendaftar pada periode pendaftaran tahun ini, maka tidak dapat mengikuti ketiga tahapan seleksi tersebut. 


Seleksi tahap pertama akan berlangsung setelah masa pendaftaran ditutup (26 juli) sedangkan tahap 2 dilaksanakan pada Oktober 2021 dan tahap 3 pada Desember 2021. 



"Kalau tahap pertama (ada formasi) kosong, nanti akan dibuka lagi tahap selanjutnya," kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono, melansir redaksi Tempo.co pada Minggu (25/07). 


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) pada awal bulan juli menyatakan bahwa jumlah kebutuhan guru ialah 2,2 juta guru namun yang tersedia saat ini sejumlah 1,3 juta (PNS & PPPK). Dapat disimpilkan, Indonesia pada saat ini sedang kekurangan guru sekitar 900 ribu orang. 


"bahkan jika memperhitungkan jumlah guru ASN yang pensiun tahun ini, kita membutuhkan lebih dari 1 juta guru,” kata Mendikbud Nadiem Makariem pada awal Juli 2021. 


Informasi lengkap terkait pendaftaran calon Guru PPPK dapat mengakses melalui laman berikut: https://gurupppk.kemdikbud.go.id/