Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Corona Makin 'Geger', Negara Tambah 'Hidangan' Bagi DPR.

 

Ketua DPR-RI Puan Maharani


Infoacehtimur.com / Nasional - Negara akan memfasilitasi Anggota DPR RI yang positif Covid-19 tanpa gejala. Fasilitas yang diberikan berupa "jatah" isolasi mandiri di hotel bintang 3 di Jakarta.


Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan interaksi dan intensitas kegiatan anggota DPR di daerah pemilihan (Dapil) sangat tinggi, sehingga sangat berpotensi terpapar COVID-19.


Alasan hotel dipilih sebagai tempat isoman karena ada beberapa kasus anggota DPR positif Covid-19 dan melakukan isoman di Rumah Jabatan Anggota (RJA), dikomplain tetangga karena khawatir terjadi penularan.


"Beberapa pekan lalu ada anggota DPR yang positif COVID-19 melakukan isolasi di RJA Kalibata, namun saya mendapatkan komplain dari anggota DPR lain kalau itu berisiko menularkan bagi lingkungan sekitar, sehingga menjadi masalah," ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar.



Indra Iskandar mengungkapkan terdapat 2 (dua) hotel bintang 3 yang disediakan untuk lokasi isoman anggota DPR, yaitu di  Hotel Ibis, Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis, Jalan Senen Raya.


"Kami telah lakukan kerja sama dengan beberapa hotel untuk tempat isolasi mandiri anggota DPR yang positif COVID-19, dan termasuk staf, ASN Setjen DPR tanpa keluarga," kata Indra Iskandar, Selasa (27/7/2021).


Mengenai biaya pemakaian fasilitas hotel tersebut, sumber dana berasal dari anggaran kontigensi, yaitu dibiayai dari anggaran program lain yang tidak terpakai. Sekjen DPR RI mengatakan ada sejumlah kegiatan DPR yang batal dilaksanakan, sehingga anggarannya dialihkan untuk pembiayaan isolasi mandiri di hotel.



Sekretaris Jenderal DPR RI juga mengklaim beberapa kementerian/lembaga telah melakukan hal yang sama, yaitu bekerjasama dengan hotel bintang 3 sebagai tempat isoman pegawainya.


"Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan Nomor S-369/PB/2020 dan S-308/PB/2020, disebutkan dalam hal tidak tersedia mes, asrama, atau wisma kementerian/lembaga, maka dapat menggunakan penginapan atau sejenisnya dengan mempertimbangkan ketersediaan dana," katanya.


Selain anggota DPR, staf dan ASN yang terpapar Covid-19 tanpa gejala juga bisa isolasi mandiri di dua hotel tersebut.