Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dinas Sosial Aceh Timur Salurkan Bantuan untuk Dayah Nurul Ulum di Peureulak Kota yang Terbakar

Kabid Linjamsos Saharani, mewakili Dinsos Aceh Timur, menyalurkan bantuan ke Dayah Nurul Ulum, yang terbakar, Rabu (14/7/2021)



Bantuan logistik ini diserahkan Kepala Dinsos Aceh Timur, Ir Elfiandi, diwakili Kabid Linjamsos Saharani, yang diterima oleh pimpinan Dayah Nurul Ulum, Abi Din, Rabu (14/7/2021).

Infoacehtimur.com / Peureulak - Pemkab Aceh Timur melalui Dinas Sosial Aceh Timur, menyalurkan bantuan logistik untuk Dayah Nurul Ulum, Gampong Cotkeh, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur. Dayah ini terbakar, Selasa (13/7/2021).

Bantuan logistik ini diserahkan Kepala Dinsos Aceh Timur, Ir Elfiandi, diwakili Kabid Linjamsos Saharani, yang diterima oleh pimpinan Dayah Nurul Ulum, Abi Din, Rabu (14/7/2021).

“Bantuan yang ada di Dinsos hanya logistik untuk masa darurat pasca-musibah kebakaran ini,” kata Elfiandi.

Sementara itu, Kepala BPBD Aceh Timur, Ashadi, mengatakan bersamaan dengan Dinsos Aceh Timur, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan paket berupa kompor, karpet, dan sejumlah logistik lainnya.

“Kalau bantuan material (seng, kayu, papan) kita sudah kehabisan anggaran. Bahkan, beberapa rumah warga yang dilanda musibah kebakaran juga tidak ada lagi anggaran untuk kita bantu material.

Namun kita akan koordinasi dengan Sekda Aceh Timur, dan pihak Provinsi Aceh, untuk mencari solusinya,” kata  Ashadi.

Dugaan penyebab

Seperti diberitakan sebelumnya, lima ruang asrama santri laki-laki di Pesantren Nurul Ulum, Gampong Cotkeh, Kecamatan Peureulak Kota, Aceh Timur, ludes terbakar, Selasa (13/7/2021).

Menurut keterangan Tgk Azhari, guru di dayah tersebut, dugaan sementara penyebab kebakaran arus pendek listrik.

"Kebakaran mulai terjadi pukul 14.00 WIB dan sekitar pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan menggunakan empat mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi," ungkap Tgk Azhar.

Tidak ada korban jiwa, dalam kejadian ini katanya. Karena, kondisi asrama dalam keadaan kosong.

"Sejak 4 Juli 2021 kemarin semua santri sudah pulang karena libur Hari Raya Idul Adha. Begitu juga dewan guru libur, hanya staf kantor yang ada di dayah," ungkap Tgk Azhari, didampingi Tgk Harun.

Sebelum libur, sebelumnya di dayah ini dilaksanakan proses belajar mengajar tatap muka seperti biasa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi dalam lima ruang asrama yang terbakar ini, isinya hanya ada kasur, lemari, dan ranjang tempat tidur santri," jelas Tgk Azhari.

Seperti diketahui, Dayah Nurul Ulum, di bawah Yayasan Dayah Nurul Hilal ini, dilaksanakan proses belajar mengajar untuk Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Plus Nurul Ulum. (*)

Penulis: Seni Hendri / Editor: Mursal Ismail /Sumber: Serambi Indonesia