Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gubernur Tinjau Kapal Aceh Hebat di Singkil, Nova: Saya Difitnah

Foto Istimewa


INFOACEHTIMUR.COM – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam kunjungannya ke Aceh Singkil untuk membuka kegiatan pasar murah serentak, Senin (5/7/2021), menyempatkan diri meninjau Kapal Aceh Hebat 3 di Pelabuhan Aceh Singkil di Pulo Sarok.

Di tengah rintik hujan, Nova turun dari mobil yang mengantarnya ke pelabuhan. Di sampingnya berdiri Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Mohd Tanwier, dan Muspida Aceh Singkil.

Di pelabuhan, rombongan Gubernur disambut General Manager ASDP Cabang Singkil, Andi M Harun, Kapten Kapal Aceh Hebat 3, Laode Mat Salim, serta para kru kapal.


Saat berbincang, Nova sempat mengatakan bahwa dirinya difitnah terkait pembelian Kapal Aceh Hebat tersebut, salah satunya ada yang menyebut kalau kapal yang dibeli itu merupakan kapal bekas.

Menurut Nova, tuduhan tersebut sangat tidak berdasar, sebab bertolak belakang dengan fakta yang ada, mengingat Kapal Aceh Hebat dibuat dari baru dan terdokumentasikan. "Saya difitnah macam-macam, dibilanglah kapal bekas," katanya.

Sebelumnya Nova juga bercerita terkait dek atau balkon paling atas kapal yang basah. Ada yang beranggapan, basah dan tergenang air itu karena bocor. Padahal basah bukan karena bocor, melainkan memang bagian dek atas kapal tidak beratap.

Kemudian ketika hujan turun, air yang tergenang itu bisa jadi akibat saluran pembuangan yang tersumbat sampah. Mengenai sampah yang ada di kapal, salah satu penyebabnya kata Gubernur, lantaran kesadaran penumpang masih minim untuk membuang sampah pada tempatnya. "Bukan bocor memang tidak ada atapnya," ujarnya.


Pada kesempatan itu Gubernur Nova juga bertanya apakah ada kerusakan yang menyebabkan genangan air seperti yang kerap disuarakan sejumlah kalangan di sosial media. "Saya selalu diprotes ada genangan air," ujar Gubernur.

Namun, baik GM ASDP Cabang Singkil, Andi M Harun dan Kapten Kapal Aceh Hebat 3, Laode Mat Salim, sama-sama menjelaskan bahwa tidak ada genangan air di kapal. Yang ada hanyalah tempias air di bagian dek atas yang terbuka. Hal itu merupakan hal wajar untuk setiap dek kapal bagian atas yang terbuka.

Gubernur tak lantas terus membahas soal fitnah. Selanjutnya ia lebih fokus mengecek mengenai kebersihan kapal serta perawatan rutin kapal. Soal kebersihan, Nova meminta kru Kapal Aceh Hebat 3 menyediakan tempat pembuangan sambah. Kemudian memberikan edukasi agar penumpang membuang sampah pada tempatnya.

Gubernur juga ikut menanyakan perawatan rutin kapal kepada awak Kapal Aceh Hebat 3. "Maintenance-nya setiap hari?," tanyanya. "Rutin pak," jawab awak kapal.(**)


(/Artikel/Serambi)