Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Irjen Ahmad Haydar Kapolda Aceh




* Wahyu Widada Jadi Asisten SDM Kapolri

* Tujuh Kapolres Diganti

BANDA ACEH - Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, kembali melakukan mutasi terhadap sejumlah sejumlah perwira tinggi dan menengah di lingkup Mabes Polri hingga ke beberapa Polda di Indonesia. Salah satu yang dimutasi adalah Kapolda Aceh. Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM ditunjuk sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil yang diangkat sebagai As SDM Kapolri.

Irjen Pol Ahmad Haydar sebelumnya merupakan Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan Irjen Pol Wahyu Widada menggantikan Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan yang dimutasi sebagai Pati SSDM Polri dalam rangka pensiun.

Pergantian Kapolda Aceh dan sejumlah perwira lain tertuang dalam Surat Telegaram Kapolri Nomor ST/1506/VII/KP./2021, tanggal 26 Juli 2021. Surat Telegram yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, tersebut mulai beredar pada sejumlah grup WhatsApp (WA) sejak siang kemarin.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy, yang ditanyai Serambi, kemarin, membenarkan informasi tentang pergantian orang nomor satu di jajaran Polda Aceh tersebut. "Benar, Bapak Kapolda (Irjen Pol Wahyu Widada-red) dimutasikan ke Mabes Polri," ujar Kombes Winardy via pesan WA.

Menurut Winardy, Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) Tahun 1988. Ditanya kapan pelantikan dan serah terima jabatan Kapolda Aceh, Winardy mengatakan, pihaknya belum mengatahui jadwal pasti. "Kita belum tahu, itu nanti langsung dari Mabes Polri. Pelantikan sekaligus serah terima jabatan juga dilakukan di sana (Jakarta-red)," ujarnya.


Selain Kapolda Aceh, Kapolri juga memutasi tujuh kapolres di wilayah hukum Polda Aceh. Pergantian Kapolda dan tujuh kapolres di Aceh tersebut merupakan bagian dari rotasi 504 perwira tinggi dan menengah di jajaran kepolisian. Mutasi itu termuat dalam lima Surat Telegram Kapolri masing-masing dengan nomor ST/1506/KEP./2021, ST/1507/KEP./2021, ST/1508/KEP./2021, ST/1509/KEP./2021, dan ST/1510/KEP./2021.

Untuk diketahui, Irjen Wahyu Widada yang pernah masuk bursa calon Kepala Bareskrim merupakan ketua tim penyusun makalah Listyo Sigit Prabowo ke Komisi III DPR RI saat masih menjadi calon Kapolri, Januari lalu. Makalah berjudul’ Transformasi Menuju Polri yang Presisi’ turut mengantar Listyo sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara saat ini. Wahyu merupakan teman seangkatan Listyo di Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan 1991. Dia merupakan lulusan terbaik alias peraih Adhi Makayasa.

Tujuh kapolres diganti

Selain jabatan Kapolda Aceh, Kapolri juga memutasi sejumlah perwira menengah di lingkup Mapolda Aceh dan tujuh kapolres di wilayah hukum Polda Aceh. Dalam Surat Telegram tersebut, AKBP Imam Asfali yang selama ini menjabat Kasubdit II Ditreskrimum Polda Aceh diangkat menjadi Kapolres Aceh Tamiang. Ia menggantikan AKBP Ari Lasta Irawan, yang dimutasi sebagai Kabagada Rolog Polda Aceh.

Lalu, Kasubditgakkum Ditpolairud Polda Aceh, AKBP Padli, menjadi Kapolres Pidie. Padli menggantikan AKBP Zulhier Destrian yang diangkat sebagai Wadirpolairud Polda Aceh. Selanjutnya, AKBP Taufik Hidayat dari Kapolres Bireun dimutasi sebagai Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Aceh. Jabatan yang ditinggalkan Taufik Hidayat diisi oleh AKBP Mike Hardy Wirapraja yang selama ini bertugas sebagai Kapolres Aceh Singkil.

Jabatan Kapolres Aceh Singkil yang ditinggalkan oleh AKBP Mike Hardy diserahkan kepada AKBP Iin Maryudi Helman yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubditkamsel Ditlantas Polda Aceh. Kapolres Bener Meriah yang sebelumnya dijabat AKBP Siswoyo Adi Wijaya digantikan oleh AKBP Agung Surya Prabowo yang selama ini menjabat Kapolres Simeulue. Jabatan Kapolres Simeulue yang ditinggalkan Agung diisi oleh AKBP Pandji Santoso.

Terakhir, AKBP Riza Faisal yang salama ini menjabat Kapolres Palu Polda Sulawesi Tengah ditunjuk sebagai Kapolres Aceh Utara menggantikan AKBP Tri Hadiyanto yang kini diangkat menjadi Wadansatbrimob Polda Sumatera Barat. (dan)

Pejabat baru jajaran polda aceh

Irjen Pol Drs Ahmad Haydar SH MM, Kapolda Aceh
AKBP Ari Lasta Irawan, Kabagada Rolog Polda Aceh
AKBP Zulhir Destrian, Wadirpolairud Polda Aceh
AKBP Taufik Hidayat, Kabagwassidik Ditresnarkoba Polda Aceh
AKBP Imam Asfali, Kapolres Aceh Tamiang
AKBP Padli, Kapolres Pidie
AKBP Mike Hardy Wirapraja, Kapolres Bireuen
AKBP Iin Maryudi Helman, Kapolres Aceh Singkil
AKBP Agung Surya Prabowo, Kapolres Bener Meriah
AKBP Pandji Santoso, Kapolres Simeulue
AKBP Riza Faisal, Kapolres Aceh Utara



(Artikel/Serambinews)