Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peduli Lingkungan, Komunitas Siap Membangun Kampanyekan Gerakan Planet Positives


Infoacehtimur.com / Lifestyle - 
Menjaga lingkungan dan kebersihan bukan hanya dilakukan oleh petugas kebersihan. Semua lapisan masyarakat harus ikut serta dalam menjaga lingkungan dan kebersihan.

Hal itu coba diwujudkan oleh Komunitas Siap Membangun (KSM) melalui kegiatan Clean Up sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Komunitas Siap Membangun melakukan kegiatan Clean Up di tempat wisata Air Terjun Rayap, Aceh Utara pada Minggu, 18/07/2021 siang.





Kegiatan ini berupa membersihkan sampah-sampah di aliran sungai serta memberikan sosialisasi kepada pedagang dan pengunjung agar tidak membuang sampah ke aliran sungai.

"Saat ini sampah menjadi masalah besar, sehingga kita harus bersama-sama untuk bertanggung jawab dan mengatasinya", Ucap Saifurrazi selaku Founder Komunitas Siap Membangun.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan Clean Up yang berupa aksi bersih-bersih tersebut adalah sebagai upaya menanamkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dari sampah.





Diwaktu yang bersamaan, Hasanun selaku salah satu relawan juga menuturkan bahwa Air Terjun Rayap ini merupakan salah satu eko wisata dan aset penting yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Utara, jadi sangat penting untuk menerapkan tata kelola yang baik serta menjaga kelestariannya.

"Aceh utara punya banyak eko wisata yang menarik dan indah, salah satunya adalah Air Terjun Rayap ini yang secara langsung merupakan satu aliran dengan Air Terjung Blang Kulam. Salah satu kunci kemajuan dari bidang pariwisata adalah dengan manajemen, pengelolaan yang baik serta menjaga keletariannya", tutut Hasanun.





Sementara itu, Fonder Komunitas Siap Membangun berharap agar gerakan ini dapat membangun kesadaran menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat.

Pihaknya juga berharap agar kedepannya kampanye ini dapat terus mendorong terbentuknya Bank Sampah di setiap tempat wisata di wilayah Aceh Utara.

Sejumlah relawan tampak antusias dengan mengumpulkan sampah yang didominasi oleh sampah plastik.





Untuk diketahui, Komunitas Siap Membangun (KSM) adalah sebuah komunitas yang fokus pada bidang pendidikan, kemanusiaan, sosial dan tujuan global (global goals).

Saat ini pihaknya terus membangun kerjasama dengan komunitas Steemit untuk mewujudkan tercapainya global goasl melalui gerakan Planet Positives. (*)