Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Varian Alfa saat Ini Tengah Incar Masyarakat Aceh



INFOACEHTIMUR.COM – Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh menyatakan virus covid-19 varian B.1.1.7 (Alfa) saat ini tengah mengincar masyarakat Aceh. Virus covid-19 varian Alfa tersebut telah ditemukan sebanyak 49 kasus di 10 provinsi di Indonesia. 

"Dua kasus terkonfirmasi virus covid-19 varian Alfa di provinsi tetangga kita, Sumatra Utara,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penaganan covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Jumat 2 Juli 2021.

Saifullah mengatakan, informasi penyebaran covid-19 varian baru itu berdasarkan data sekuens variant of concern hingga 22 Juni 2021 yang menyatakan bahwa virus varian Alfa sudah ditemukan sebanyak 49 kasus di 10 provinsi di Indonesia. 

Selain varian Alfa, Saifullah mengungkapkan, Kementerian Kesehatan juga mencatat enam kasus varian B.1.351 (Beta), dan 254 kasus varian B.1.617.2 (Delta) di tanah air. Ketiga varian baru covid-19 itu telah ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO sebagai variant of concern (VoC).


"Ketiga varian itu adalah varian covid-19 baru yang harus diwaspadai. Masyarakat Aceh perlu mewaspadai ketiga varian baru virus covid-19 itu" ujarnya.

Karena, lanjut Saifullah, penyebarannya sudah meluas hingga 14 provinsi, termasuk Sumatra Utara dan DKI Jakarta. Pihaknya menerangkan dua daerah tersebut merupakan yang sangat tinggi mobilitas masyarakat Aceh.

“Virus varian Alfa yang sudah ada di Sumut paling mungkin sedang mengincar masyarakat Aceh yang frekuensi pulang-perginya ke Kota Medan dan sekitarnya sangat tinggi,” jelasnya.(/Medcom)