Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bantu Bencana Turki, Erdogan Ucap ''Terima Kasih'' Untuk 73 Negara. Indonesia ?

 

Kobaran Api di perbukitan Turki. Foto/Alina Kvasha



Infoacehtimur.com / Internasional - Negara Turki dilanda kebakaran hutan yang sangat parah pada akhir bulan kemarin (28/7/2021). Armada pemadam kebakaran hingga pihak penanggulangan bencana dikerahkan untuk melakukan tindakan pemadaman.



Dilaporkan hingga kemarin (03/8) sejumlah 13 pesawat, 45 helikopter, drone, dan 828 kendaraan pemadam kebakaran terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran.



Kebakaran yang melanda kawasan pantai selatan Turki sudah berlangsung selama 9 hari bahkan The Guardian pada Jumat (30/7) melaporkan 4.000 wasatawan dievakuasi menggunakan kapal.



Diketahui banyak negara telah menyalurkan berbagai bentuk 'pertolongan' untuk meringankan bebang warga Turki, bahkan beberapa negara mengirimkan alat bantu untuk pemadaman api. Uni Eropa mengirimkan 3 pesawat pemadam bahkan Malaysia juga turut memberikan bantuan kepada Turki.



Melansir Republika.co.id, Erdogan menyampaikan terimakasih kepada 73 negara yang telah mengirimkan berbangai bantuan bagi negaranya. Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (04/8) mengunggah gambar bendera 73 negara dan organisasi peduli lingkungan yang turut membantu/mendukung upaya pemerintah Turki dalam menanggulangi kebakaran yang berstatus bencana nasional tersebut.



"Atas nama bangsa saya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua negara dan organisasi sahabat yang telah mengirimkan dukungan, harapan dan belasungkawa, dan bahwa mereka siap membantu dalam perjuangan kita melawan kebakaran hutan. Insya Allah proses sulit ini bisa kita lalui secepatnya,” ujar Erdogan dalam akun Twitter, @RTErdogan dikutip Rabu (4/8).



Bendera Indonesia tidak terlihat dalam 'daftar terimakasih' dari Presiden Turki, padahal negara tetangga (Malaysia) terpampang dengan jelas benderanya disamping brberapa negara Eropa yang tergabung dalam NATO, yang ikut bersolidaritas membantu Turki dalam mengatasi bencana kebakaran tersebut.



Beberapa kepala negara yang memberikan bantuan besar bahkan, disebutkan secara khusus oleh Erdogan dalam unggahan terimakasihnya.



"Atas nama negara saya, saya ingin berterima kasih terutama kepada Presiden Azerbaijan, sahabat saya Ilham Aliyev, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan sejak saat pertama," ujar Erdogan.



"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tetangga kami Presiden Iran Ibrahim Reisi, Emir Qatar Sheikh Tamim, Presiden Kroasia Zoran Milanovic, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenski atas solidaritas mereka yang kuat," kata Erdogan menambahkan.