Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Baru 76 Desa di Aceh Timur Cairkan Dana Desa Tahap ll

Koordinator Tenaga Ahli P3MD-PID Aceh Timur, Yusmiadi SE MSi. 


INFOACEHTIMUR.COM – Hingga 12 Agustus 2021, baru 76 desa di Aceh Timur yang cairkan dana desa tahap ll.

Hal ini disampaikan oleh Yusmiadi SE atau Abu Yus, selaku Koordinator Kabupaten Aceh Timur, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), kepada Serambinews.com, Rabu (18/8/2021).

"Hingga 12 Agustus 2021 lalu, di Aceh Timur, baru 76 yang dicairkan dana desa tahap ll. Selebihnya, 437 desa lagi masih dalam proses laporan pertanggungjawaban realisasi dana desa tahap l," ungkap Yusmiadi.

Sesuai rencana kerja tindak lanjut (RKTL) secara nasional, jelas Yusmiadi, seharusnya akhir Agustus ini semua desa di Aceh Timur harus sudah mencairkan dana desa tahap ll, karena di kabupaten kota lainnya dana desa sudah dicairkan untuk tahap lll.

"Tapi di Aceh Timur baru 76 desa cair dana desa tahap ll. Sedangkan, 437 desa lagi sedang proses melaporkan realisasi dana desa tahap l. Sedangkan dana desa tahap l untuk 513 desa di 24 kecamatan di Aceh Timur sudah cair semuanya," ungkap Abu Yus.

Abu Yus mengungkap terjadinya keterlambatan pencairan dana desa tahap ll, karena banyak perubahan regulasi tentang dokumen dokumen yg harus disiapkan dalam laporan pertanggungjawaban.

Di kabupaten/kota lain cepat pencairan dana desa karena syaratnya sesuai PMK mereka hanya menyiapkan dokumen RAPBG, dan qanun APBG-nya.

Sedangkan, di Aceh Timur, harus ada laporan pertanggungjawaban APBG tahun sebelumnya, sehingga hal ini menjadi faktor terjadinya keterlambatan pencairan dana desa.

Faktor lainnya, jelas Abu Yus, sesuai Perbup Aceh Timur, sasaran penerima BLT dari dana desa harus memiliki sertifikat vaksin. Sedangkan di desa masih banyak masyarakat enggan untuk divaksin. Adapun sasaran penerima BLT dari dana desa di Aceh Timur, mencapai 37.724 KPM.

"Tetapi kita terus mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya KPM penerima BLT agar mau divaksin selain untuk kesehatan juga untuk mempermudah segala urusan," ungkap Yusmiadi.

Karena itu, Abu Yus, selaku Koordinator Kabupaten (P3MD) Kemendes untuk Aceh Timur, mengimbau desa yang belum cair dana desa tahap ll, agar segera melaporkan dan mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa tahap l, baik dana yang digunakan untuk penanganan Covid-19, maupun dana reguler lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Timur, Adlinsyah SSos MAP, membenarkan bahwa di Aceh Timur baru 76 desa yang mencairkan dana desa tahap ll tahun 2021 ini.

"Iya dana desa tahap ll baru 76 desa cair di Aceh Timur," kata Adlinsyah.

Yang mencairkan dana desa ini, katanya, yaitu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Langsa, setelah desa mengusulkan ke DPMG, setelah diverifikasi di DPMG lalu DPMG, mengusulkannya ke Dinas Keuangan Aceh Timur, untuk diteruskan ke KPPN.

Adlinsyah mengatakan, faktor yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pencairan dana desa tahap ll, karena banyak desa belum membayarkan BLT enam bulan (Januari-Juni 2021) yang bersumber dari dana desa tahap l.

"Jadi pembayaran BLT enam bulan dari dana desa tahap l ini menjadi syarat untuk pengusulan pencairan dana desa tahap ll," ungkap Adlin.

Sementara pembayaran BLT kepada warga, warga tersebut juga harus memiliki sertifikat vaksin hal ini sesuai dengan Perbup Aceh Timur, menindaklanjuti Perpres, hal ini juga memperlambat proses pengusulan pencairan tahap ll.

Kemudian dikeluarkan kebijakan untuk meringankan yaitu BLT boleh dicairkan kepada sasaran yang telah membuat surat pernyataan bersedia divaksin.

"Kita berharap pihak desa yang dibantu pihak kecamatan kerjakeras untuk mempercepat pembayaran BLT, sehingga dapat segera mengajukan pencairan dana desa tahap ll," harap Adlinsyah.***



(Artikel/Serambinews)