Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dunia Dibuat 'Gaduh' Oleh Politik Internasional Dan Pandemi. Benarkah Brunei Darussalam 'Tak Tersentuh' ?.

 



Infoacehtimur.com / Internasional - Sekian lama tidak terendus kabar kesehatan di  Brunei Darusaalam bahkan terkait pandemi yang menghebokan dunia.


Ketika sejumlah negara di dunia sibuk menangani covid-19, Brune Darussalam terkesan 'adem ayem'. Negara yang teletak dijung Pulau Kalimantan itu seakan tak terusik pandemi sedari pertengahan 2020 kemarin. Apakah negara kerajaan itu kebal virus atau 'orang kerajaan' sangat ampum menangani bencana tak kasat mata tersebut ?


Perkara Vaksinasi di Brunei, data Kemenkes Brunei hingga Minggu (8/8), hanya 33% (persen) dari total 450 ribu penduduk Brunei yang sudah divaksinasi setidaknya satu dosis.





Sebagai informasi, terakhir kali Brunei Darussalama mengumumkan penemuan infeksi virus terswbut pada bulan Mei 2020, setelah itu pihak kerajaan tidak lagi melaporkan penemuan kasus satupun bahkan mereka mengklaim telah menanggulangi kasus terakhir hingga tuntas.


Setelah setahun lebih, kabar mengejutkan datang dalam awal minggu ini (9/8). Awalnya pada sabtu (7/8) pihak kesehatan Brinei Darussalam menemukan 7 kasus tranmisi lokal. Melansir AFP,  lima dari tujuh kasus infeksi lokal pertama sejak Mei tahun lalu itu disebut terkait dengan pusat pemantauan virus yang dikelola pemerintah.



Sultan Hassanal Bolkiah dan Istri. (Dok.ist)



"Klaster ini diyakini kemungkinan telah terpapar salah satu kasus impor di Brunei," kata Kemenkes Brunei Mohd Isham Ja'afar (9/8).



Tak berhenti disitu, penularan lokal tersebut menyebar cepat hingga pada senin (9/8) dilaporkan Brunei mencata penambahan sejumlah 42 kasus. Akibat infeksi yang kembali ditemukan setelah setahun 'tentram' dari corona, hal itu membuat pusat karantina di Brunei kembali terisi pasien.


Pemerintah Brunei gencar menyelidiki kemungkinan adanya penyeberangan perbatasan secara ilegal antara Brunei dan Malaysia.


Bahkan, Negara Keeajaan itu menerapkan kebijakan karantina yang sangat ketat kepada seluruh pelaku perjalanan internasional yang masuk ke negaranya. Satu klaster kasus disebut berkaitan dengan sebuah pusat karantina hotel.