Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga kakao Anjlok di Aceh Timur


Infoacehtimur.com / Ekonomi - 
Harga kakao anjlok di Aceh Timur Kalangan pedagang dan agen pengumpul menyebutkan harga biji kakao di Kabupaten Aceh Timur anjlok dari sebelumnya Rp30 ribu menjadi Rp23 ribu per kilogram.

Fauzi, pedagang kakao, di Aceh Timur, Rabu mengatakan, anjloknya harga kakao sudah berlangsung sejak sepekan turun. Turunnya harga tersebut akibat minimnya persediaan komoditas ekspor tersebut.


"Sekarang ini, harga beli kakao Rp23 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya mencapai Rp30 ribu per kilogram. Harga juga berubah-ubah, bisa jadi besok kembali naik atau kembali turun," kata Fauzi.

Turunnya harga kakao di pasaran internasional juga membuat harga beli di tingkat petani juga menurun. Turunnya harga tersebut menyebabkan petani kakao kewalahan dalam membayar upah buruh dan lainnya.


Darul Aman Ali, petani kakao di Aceh Timur, mengatakan turunnya harga kakao semakin menyulitkan kalangan petani. Selain membayar upah buruh, petani juga kesulitan membayar hutang pembelian pupuk.
 
"Modal yang dikeluarkan seperti membayar upah buruh dan pupuk tidak sebanding dengan harga beli kako sekarang. Rugi tidak, tapi untungnya sudah sangat menipis," kata Ali menambahkan.


Sebelumnya, Dinas Perkebunan Aceh Timur menyatakan daerah itu dikenal sebagai sentra kakao pada 1980 hingga 2000. Saat itu, Aceh Timur memiliki sekitar 15 ribu hektare kebun kakao dengan produksi rata-rata 1,5 ton per hektare per tahun

Namun, sekarang luas kebun kakao menyusut dan hasil produksi juga turun drastis menjadi 397 kilogram per hektare per tahun. Turunnya produksi kakao karena usia tanaman di atas 25 tahun.

Selain faktor usia, produksi tanaman kakao menurun karena kurangnya pemahaman petani tentang tatacara merawat dan memelihara tanaman kakao dengan baik.
 
Pewarta: Hayaturrahmah / Editor : M.Haris Setiady Agus / Sumber : ANTARA News Aceh 2021