Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LDK Assalam Unsam Langsa Menangkan PHP2D Dikti Kemendikbud

Para mahasiswa tergabung dalam LDK Assalam Unsam Langsa yang memenangkan PHP2D tahun 2021. 



INFOACEHTIMUR.COM – Lembaga Dakwah Kampus Assosiasi Mahasiswa Islam Universitas Samudra (LDK-Assalam Unsam) kembali berhasil memenangkan program dana hibah untuk kedua kalinya.

Hal itu diketahui setelah dinyatakan lolos berdasarkan surat Direktur Pembelajaraan dan Kemahasiswaan Dikti Kemendikbud Ristek 2021 Nomor 3521/E2/KM.09.01/2021 pada Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021.

Program ini merupakan program DIKTI Kemdikbud yang dilaksanakan untuk memberdayakan masyarakat desa melalui Organisasi Mahasiswa.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang telah berhasil diraih oleh UKM LDK-Assalam Unsam tahun 2021.

Selama pelaksanaan PHP2D tahun 2020 telah terjadi koordinasi yang baik antara perguruan tinggi yang dilakukan organisasi kemahasiswaan, perangkat desa, dinas dan berbagai mitra yang relevan dengan program pemberdayaan.

Kinerja LDK-Assalam Unsam terbukti mampu memberdayakan desa, maka perlu dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak masyarakat sasaran.

Ketua Tim PHP2D, Maulidal Khairi, kepad Serambinews.com, Senin (9/8/2021) menyampaikan, peran mahasiswa dalam membina dan memberdayakan masyarakat desa sangat diharapan, tidak hanya yang ingin berjuang tapi juga yang memiliki daya juang.

Tidak hanya yang berprestasi tapi juga yang mau ikut berkontribusi, Untuk itu UKM LDK Assalam Universitas Samudra diharapkan dapat menjadi inisiator kebangkitan semangat untuk berkarya, beramal, dan mengabdi untuk negeri.

Menurutnya, judul yang diusulkan pada program itu adalah "Peningkatan Produksi Jahe Melalui Introduksi Teknologi Dan Pemanfaatan Lahan Tidur Menuju Desa Sentra Industri Jahe".

Adapun 10 orang mahasiswa LDK-Assalam Unsam yang masuk dalam satu kelompok berhasil memenangkan dana hibah ini diantaranya, Kurnia Amanta, Erik Pebrian Saragih, Yeni Sufitri, Fahdilla, Zuchrina Masyitah, Dewi Ratna Sari Sinaga, Mitha Dilasary, Risma Yani, dan Sindi Indah Lestari.

"Diharapkan setelah program selesai dihasilkan buku panduan pemberdayaan desa oleh LDK-Assalam Unsam," paparnya.

Sementara dosen pembimbing PHP2D LDK-ASSALAM UNSAM diantranya Dr. Rini Mastuti, S.Pt., M.P., turut mengucap syukur atas keberhasilan ini, dan ini merupakan kali kedua dirinya menjadi dosen pendamping untuk program PHP2D.

Setelah sebelumnya pada tahun lalu Unit Kegiatan Mahasiswa LDK Assalam Universitas Samudra berhasil mendapatkan pendanaan pada program PHP2D 2020.

“Program ini dirancang secara berkelanjutan untuk mencapai tujuan utama yaitu Desa Sentra Industri Jahe”, tutup beliau.***



(Artikel/Serambinews)