Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Museum Aceh Tunjukan Koleksi 106 Tahu Lalu

Foto : Irfan (web)

Infoacehtimur.com / Sejarah - UPTD Museum Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar pameran virtual Koleksi Museum Aceh “Kilas Balik Sejarah Museum Aceh” pada Senin, 2 Agustus 2021. Dalam pameran yang disertai dengan talkshow ini, Museum Aceh menampilkan sejumlah koleksi yang diikutkan pada Pameran Kolonial yang digelar Belanda tahun 1914 di Semarang.

Pameran Virtual Koleksi Museum Aceh ini digelar dalam rangka memperingati 106 tahun Museum Aceh yang jatuh pada Sabtu (31/07/2021) lalu. 

“Pameran ini bertujuan memperkenalkan sejarah panjang Museum Aceh dan menampilkan sejumlah koleksi yang tidak pernah dihadirkan pada pameran-pameran sebelumnya, sehingga generasi Aceh sekarang dan masyarakat Indonesia pada umumnya dapat mengenal Aceh lebih jauh,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Aceh Jamaluddin melalui Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsyah, Minggu (01/08/2021).





Jamaluddin menerangkan, salah satu daya tarik pameran ini ialah adanya ulasan mengenai beberapa koleksi awal Museum Aceh yang ditampilkan pada Expo De Koloniale Tentoonstelling yakni pameran kolonial internasional yang digelar Pemerintahan Hindia Belanda di Semarang, 20 Agustus - 15 November 1914. Saat itu Paviliun Aceh menampilkan sejumlah koleksi hasil kurasi tentara Hindia Belanda Friedrich Wilhelm Stammeshaus dan berhasil meraih juara paviliun Nusantara terbaik.

Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsyah menambahkan, pameran virtual yang dikemas dalam bentuk talkshow ini juga menampilkan sejumlah koleksi menarik lainnya yang selama ini jarang dihadirkan. 


“Pameran ini dibuat secara virtual selain mengikuti trend masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan perangkat digital, juga menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan museum dibuka untuk kunjungan umum. Karena itu pula kita harapkan masyarakat berantusias untuk menyaksikan pameran virtual ini,” kata Mudha Farsyah. 

Dia menjelaskan, masyarakat dapat menyaksikan pameran virtual ini melalui siaran LIVE STREAMING di channel Youtube Disbudpar Aceh ( youtube.com/disbudparaceh ) pada pukul 10.00 - 11.00 WIB. Adapun talkshow menghadirkan Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh Drs Mawardi Umar M Hum.


Adapun talkshow menghadirkan Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh Drs Mawardi Umar M Hum dengan host DR Reza Idria MA antropolog Aceh yang juga dosen UIN Ar-Raniry.

Sejarah Museum Aceh
Museum Aceh awalnya berupa Rumoh Aceh yaitu rumah tradisional Aceh yang dibuat sebagai Paviliun Aceh pada Pameran Kolonial (Der Koloniale Tentoonstelling), sebuah pameran internasional dibuat Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1914 di Semarang. 

Saat itu Paviliun Aceh berhasil  meraih 4 medali emas, 11 perak dan 3 perunggu, sehingga menjadi paviliun terbaik.


Karena itulah, Paviliun Aceh dibawa pulang ke Aceh untuk dijadikan museum. Pada 31 Juli 1915, Museum Aceh (saat itu diberi nama Atjeh Museum) pun diresmikan dengan menampilkan koleksi yang dipamerkan pada Pameran Kolonial di Semarang.

Untuk Informasi terbaru mengenai event Pameran Virtual Koleksi Museum Aceh “Kilas Balik Sejarah Museum Aceh” dapat diikuti di akun Instagram @museum.aceh Beritahu kawan dan kenalan, dengan membagikan postingan ini.๐Ÿ˜‰

๐— ๐˜‚๐˜€๐—ฒ๐˜‚๐—บ ๐—”๐—ฐ๐—ฒ๐—ต ๐—ฑ๐—ถ ๐—›๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ธ๐˜‚
Stay selalu di halaman @museum.aceh @disbudpar_aceh 
@acehtourism.travel @lindungibudaya
๐—ž๐—ฒ๐—ป๐—ฎ๐—น๐—ถ ๐˜€๐—ฒ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ฟ ๐˜๐—ฎ๐—ธ ๐˜€๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ต