Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Luncurkan Aplikasi e-EPIA

Sekda Aceh Timur, Ir Mahyuddin MSi, meluncurkan aplikasi Evaluasi dan Pelaporan Induk Anggaran atau disingkat e-EPIA, di Aula Setdakab Aceh Timur, Rabu (18/8/2021).


INFOACEHTIMUR.COM - Pemkab Aceh Timur terus berinovasi menciptakan berbagai aplikasi untuk mempermudah kinerja.

Sekda Aceh Timur, Ir Mahyuddin MSi, launching atau meluncurkan aplikasi Evaluasi dan Pelaporan Induk Anggaran atau yang disingkat dengan e-EPIA.

Peluncuran ini di Aula Setdakab Aceh Timur, Rabu (18/8/2021). 

Saat launching aplikasi ini turut dihadiri oleh Asisten l Syahrizal Fauzi, SSTP, MAP serta sejumlah kepala OPD dan Kabag di Setdakab Aceh Timur.

Sekda Aceh Timur, Ir Mahyuddin MSi, mengatakan aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan penginputan realisasi anggaran SKPK dalam Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur.

"Aplikasi e-EPIA ini sebagai wujud implementasi Aksi Perubahan Kinerja Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Puslatbang KHAN LAN RI yang diikuti oleh Zulkifli SE MAP selaku Kabag Administrasi Pembangunan di Setdakab Aceh Timur," ungkap Sekda.

Menurut Ir Mahyuddin, berdasarkan laporan dari Kabag Administrasi Pembangunan, Aplikasi e-EPIA memudahkan perangkat daerah dalam menyusun laporan penyerapan anggaran.

"Menurut Kabag Administrasi Pembangunan rancangan aplikasi ini dikembangkan dari Format laporan A1 yang dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh dalam bentuk Excel sebagai laporan penyerapan anggaran," ungkap sekda.

Rancangan aplikasi ini, jelas Mahyuddin, sudah ada buku panduannya atau manual book dan dapat diunduh di halaman Web Bagian Administrasi Pembangunan, untuk akses penginputan laporan SKPK nantinya.

Kemudian dapat dibuka melalui halaman link e-EPIA, namun harus melalui pasword masing-masing SKPK, dan dapat menghubungi admin operator Bagian Administrasi Pembangunan.

"Kami sangat mendukung keberlanjutan pengembangan aplikasi ini, sehingga untuk jangka panjang dapat menjadi sebuah Aplikasi Laporan Penyerapan Anggaran.

Kemudian juga dapat mendukung E-Kinerja dan menjadi tolak ukur capaian serapan anggaran, serta menjadi evaluasi kinerja SKPK," harap Mahyuddin.***



(Artikel/Serambinews)