Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Walikota Medan Segera Pulangkan Warga Aceh yang Tinggal di Kolong Jembatan

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi warga Bireuen, Aceh, di Rumah Singgah Kota Medan, Senin (2/8/2021). (Foto: Istimewa)



INFOACEHTIMUR.COM – Wali Kota Medan Bobby Nasution segera memulangkan warga Aceh yang tinggal di bawah jembatan Sungai Deli, kawasan Kapten Maulana Lubis, Kota Medan. Warga pendatang asal Kabupaten Bireuen itu diharapkan bisa hidup lebih baik di kampung halamannya.

"Warga akan kami kembalikan ke tempat asalnya. Mereka warga Bireuen Aceh," kata Bobby Nasution, dikutip iNews.id dari Instagram-nya, Selasa (3/8/2021).

Bobby mengatakan, dirinya juga telah berkoordinasi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Utara (Sumut) Musa Rajekshah terkait warga yang tinggal di bawah jembatan. Keberadaan warga di tempat yang tidak layak itu membuat Wagub dan Wali Kota Medan kaget.

"Berapa waktu lalu, saya berkoordinasi dengan Wakil Gubernur Sumatra Utara Bapak Musa Rajekshah terkait adanya masyarakat Kota Medan yang tinggal di bawah jembatan. Melalui Dinas Sosial Kota Medan dibantu pihak kelurahan dan kepala lingkungan, kami langsung cek asal kependudukannya," kata Bobby.

Setelah ditemui, diketahui sebagian dari warga yang tinggal di bawah jembatan itu warga Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Saat ini warga pendatang tersebut untuk sementara sudah tinggal di Rumah Singgah Kota Medan.

"Setelah melakukan upaya-upaya, mulai dari menghubungi keluarga, serta mengecek lokasi keluarga mereka, maka warga akan kami kembalikan ke tempat asalnya," kata Bobby.

Diketahui, keberadaan warga asal Bireuen yang tinggal di bawah jembatan Sungai Deli tersebut pertama kali diketahui oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah beberapa waktu lalu. Saat itu dia sedang berkeliling menjumpai masyarakat untuk membagikan bantuan sosial (bansos) di bantaran Sungai Deli. Temuan tersebut selanjutnya diinformasikan ke pihak Pemkot Medan.
 
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Medan Endar Lubis mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Bireuen terkait pemulangan tersebut.
 
"Mereka sudah melacak warganya dan sudah ditemukan lokasinya di Desa Matang, Kecamatan Samalanga, Bireuen. Mereka siap membantu," katanya.(iNews)