Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Dijadikan Karier untuk Masa Depan

Foto: Getty Images/chee gin tan/Digaji Tinggi, Ini 10 Pekerjaan yang Cocok Dijadikan Karier untuk Masa Depan



Infoacehtimur.com / Loker - Ingin mendapatkan kerja setelah lulus sekolah atau kuliah? Pekerjaan di bawah ini cocok untuk kamu jadikan karier di masa depan.

Memilih pekerjaan tentu harus dimulai dari keterampilan diri. Hal ini bisa kamu dapatkan ketika duduk di sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK) serta saat di bangku kuliah dengan memilih jurusan yang tepat.


Sebab, memilih pekerjaan di masa depan akan berpengaruh dengan latar belakang atau pengalaman pendidikan selama sekolah.

Nah, baru-baru ini LinkedIn dan World Economic Forum (WEF) telah merilis pekerjaan-pekerjaan yang paling banyak dicari hingga tahun 2025. Tak hanya itu, pekerjaan yang dirilis juga memiliki masa depan cerah karena digaji tinggi.

10 Pekerjaan dengan Masa Depan Cerah dan Gaji Tinggi.

1. Data Analysts and Scientists

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menerjemahkan angka-angka atau menafsirkan data menjadi laporan yang dapat dipahami oleh manajemen.

Seorang data analyst profesional akan mendapatkan gaji berdasarkan pada pengalaman dan kebijakan perusahaan.

Rata-rata perusahaan dalam negeri menetapkan gaji analis data sekitar Rp 4-18 juta per bulan. Namun, beberapa perusahaan juga menawarkan gaji data scientist hingga mencapai Rp 28 juta.

2. Big Data Specialists

Tak berbeda jauh dengan gaji pekerjaan bidang Data Analyst, pekerjaan Big Data Specialist merupakan bidang serupa. Gaji yang didapatkan sesuai dengan pengalaman dan keahlian mulai dari level pemula hingga ahli berkisar antara Rp 4-28 juta.

3. Information Security Analysts

Menjadi seorang information security analysts artinya kamu memiliki tugas untuk menganalisis keamanan informasi agar perusahaan bisa mempertahankan jaringan komputer dan sistem organisasinya.

Pekerjaan information security analysts di Indonesia bisa mendapatkan gaji hingga Rp 10 juta, lho. Tentu hal itu akan bergantung sesuai pengalaman. Semakin banyak pengalaman dan ahli maka kemungkinan gaji yang didapatkan juga semakin besar.

4. Digital Marketing and Strategy Specialists

Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam menyusun strategi dalam pemasaran suatu produk serta sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Rata-rata gaji seorang digital marketing dan strategi specialist di Indonesia berada di angka Rp 5 juta. Namun, untuk pengalaman dan keahlian yang lebih tinggi bisa digaji hingga puluhan juta rupiah.

5. Business Development Professionals

Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam menyusun target dan strategi, membangun komunikasi dengan pelanggan, mengidentifikasi peluang bisnis, melakukan negosiasi bisnis, serta memonitor perkembangan pasar.


Seorang Business Development di Indonesia memiliki rata-rata gaji Rp 72.050.000 per tahun atau Rp 36,949 per jam. Gaji ini akan berbeda untuk pemula dan pekerja berpengalaman.

Untuk pemula, gaji Business Development dimulai di kisaran Rp 18.000.000 per tahun, sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp 122.485.000 per tahun

6. Software and Applications Developers

Masih di bidang teknologi, pekerjaan ini merupakan keahlian untuk merancang, menjalankan, dan menguji berbagai program dan aplikasi komputer. Rata-rata gaji yang diperoleh di bidang ini adalah Rp 5,3 juta per bulan.

7. Internet of Things Specialists

Saat ini banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang mempunyai nilai tambah lebih tinggi, terutama yang paham dan fasih terhadap internet of things (IoT). Untuk seorang IoT berpengalaman, bisa mendapatkan gaji mencapai Rp 25-200 juta.

8. Process Automation Specialists

Pekerjaan seorang process automation specialists berkaitan dengan bidang ketelitian, di antaranya pemeliharaan peralatan dan fasilitas, mengimplementasikan peningkatan berkelanjutan, dan mendukung instalasi sistem baru.

Dilansir dari laman ziprecruiter.com, rata-rata gaji seorang process automation specialists di Amerika mencapai Rp 1 miliar per tahun.

9. AI and Machine Learning Specialists

Pada era teknologi, berbagai bidang membutuhkan sistem kecerdasan buatan atau teknologi modern yang dapat mempengaruhi suatu perusahaan.

Di Indonesia, seorang AI dan Machine Learning Specialists bisa digaji hingga Rp 25 Juta rupiah sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Sementara dilansir dari laman resmi Binus, rata-rata gaji Machine Learning Engineer di AS bisa mencapai US$ 145.000 atau sekitar Rp 2 miliar (kurs Rp 14.000) per tahun. Sedangkan, Machine Learning Engineer pada entry-level akan menerima gaji tahunan sebesar US$ 107.000 atau Rp 1,5 miliar.

10. Digital Content Creators

Pekerjaan ini tumbuh hingga 49 persen tiap tahunnya, sama besar dengan bidang lainnya. Jenis pekerjaan biasanya menjadi content coordinator, writing consultant, podcaster, dan blogger.

Keahlian yang harus dimiliki jika kamu ingin menggeluti bidang ini adalah video editing, creative writing, dan public speaking.

Untuk pekerja yang berpengalaman, bisa digaji hingga US$ 46.000-62.400 (kurs 14.000) atau setara Rp 600-900 juta.

Itulah 10 pekerjaan yang cocok dijadikan karier di masa depan karena memiliki gaji yang tinggi.(/Detikcom)